More

    Snack Bar Jangkrik, Makanan Bergizi Untuk Para Atlet

    Cribo, Snack dari jangkrik untuk para atlet. Sumber IPB

    Kamu sudah pernah makan jangkrik? Bila belum, kamu bisa mencoba makanan dari jangkrik buatan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang satu ini. Penganan ini dibuat dalam bentuk snack bar sebagai makanan berenergi.

    Para mahasiswa yang membuat penganan ini adalah Hizkia, Lisa Aprilia, Mila Amelia, Mawar Wijayanti, dan Vina Diana Sofia. Mereka menamakannya denga Cribo.

    Snack bar yang mereka buat sengaja dikhususkan bagi para atlet atau olahragawan. Hal itu karena, olahragawan membutuhkan asupan gizi  tinggi protein untuk membantu aktivitas fisik dan menjaga stamina.

    - Advertisement -

    Hizkia, salah satu mahasiswa mengatakan, jangkrik merupakan spesies Anabrus simplex yang diteliti kandungan protein antara 58sampai 62,5 persen dari berat kering, dengan komposisi asam amino cukup lengkap. Jumlah protein ini lebih besar dibandingkan dengan daging sapi. Selain itu kadar protein tercerna dari jangkrik ini lebih tinggi sehingga cocok untuk dikonsumsi sebagai sumber protein.

    Selain itu tambah Hizkia, jangkrik banyak terdapat di Indonesia. Pemanfaatannya sebagai makanan belum banyak dieksplorasi. Hanya beberapa daerah menjadikan jangkrik sebagai makanan ringan sumber protein dengan cara digoreng atau dibuat makanan tradisional pepesan.

    “Beberapa keuntungan yang didapatkan dengan memanfaatkan jangkrik ini yaitu pengembangannya tidak membutuhkan tempat luas dalam beternak jangkrik,” ungkapnya.

    Selanjutnya tambah, Hizkia, pemanfaatan jangkrik ini mendukung pengembangan jangkrik sebagai satwa harapan. Snack bar dipilih sebagai olahan produk karena telah umum ada di pasaran sebagai makanan konsumsi olahragawan dan masyarakat umum. Selain itu berbagai jenis olahraga di Indonesia, berkembang pula berbagai jenis produk yang menawarkan beragam sumber gizi bagi olahragawan.[]

    Sumber : IPB

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here