More

    Ayo Daftar Beasiswa FullBright ke Amerika

    Punya mimpi belajar ke Amerika? Yayasan Pertukaran Indonesia Amerika, AMINEF (The American Indonesian Exchange Fondation) bertugas untuk menyebarkan beasiswa bergengsi dari Pemerintah Amerika Serikat. Beasiswa Fullbright terdiri dari Fullbright Master Degree dan Fullbright PhD.

    Pemerintah Amerika Serikat memberikan beasiswa penuh bagi siapa saja yang tertarik dan memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Ada sedikit prioritas bagi mereka yang bekerja sebagai dosen atau staf pengajar di perguruan tinggi negeri ataupun swasta untuk mengambil beasiswa fullbright PhD.

    Tanggungan dari beasiswa ini selain biaya kuliah ada juga biaya pesawat pulang pergi, biaya hidup selama di Amerika Serikat, serta biaya-biaya terkait lainnya. Adapun jurusan yang diinginkan pelamar bisa sangat beragam bahkan memungkinkan untuk adanya inter-disiplin. Pengecualian hanya dilakukan untuk jurusan kedokteran.

    - Advertisement -

    Syarat untuk program master, memiliki IPK minimal 3.0, memiliki kualitas kepemimpinan dan mempunyai pengalaman dalam pelayanan masyarakat. Tidak sedang mengajukan beasiswa lain ketika pengajuan beasiswa Fullbright. Memiliki ITP TOEFL 550, IBT TOEFL 79/80 atau IELTS 6.0. Pelamar juga harus bersedia bekerja untuk institut/lembaga asalnya setidaknya 5 tahun pada saat program beasiswanya selesainya.

    Untuk program doktor syaratnya tak berbeda jauh. Para pelamar juga harus memiliki IPK minimal 3,0. Memahami budaya Indonesia dan Internasional dengan baik serta juga harus bersedia kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program Fullbright serta mengambil posisi akademis di perguruan tinggi yang sesuai setelah kembali. Untuk syarat bahasa inggrisnya, memiliki ITP TOEFL 575, IBT TOEFL 90 atau IELTS 6,5.

    Bagi yang beminat bisa melakukan pendaftaran dengan cara mengirimkan formulir aplikasi yang sebelumnya diunduh dari website FULLBRIGHTONLINE.

    Sertakan juga fotocopy dari sertifikat bahasa inggris terbaru, dua surat referensi dari dosen/profesor serta supervisor di tempat kerja. Transkrip akademik yang telah ditranslate ke dalam bahasa Inggris serta fotocopy KTP dan CV dikirimkan melalui pos ke

    American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) Office
    Intiland Tower, 11th Floor
    Jalan Jenderal Sudirman Kav. 32
    Jakarta 10220
    Tel : (021) -57939085 / 9086

    Pendaftaran paling lambat biasanya pada bulan Febuary, namun tak jarang kembali buka di Bulan Oktober. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi email ini [email protected] atau melalui website AMINEF. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here