More

    Ini Alasannya Kenapa HMI Tidak Pernah Ada di ITB!

    Dr.Miming Miharja, ST,M.Sc.Eng. Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Alumni dan Komunikasi ITB (kiri) dan Prof.Ir.Bermawi Priyatna Iskandar, M.Sc.,Ph.D., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB saat memberikan keterangan pers di Kampus ITB Bandung, Senin, (03/07/2017). Foto : Fauzan

    BANDUNG, KabarKampus – Institut Teknologi Bandung (ITB) melarang organisasi kemahasiswaan yang berafiliasi pada organisasi masyarakat atau politik manapun. Salah satunya adalah organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Oleh karena itu komisariat HMI di ITB tidak pernah ada.

    “Peraturan kami seperti itu. Inilah upaya kami menjaga keberagaman,” ungkap Prof.Ir.Bermawi Priyatna Iskandar, M.Sc.,Ph.D.,  Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB dalam konferensi pers di kampus ITB, Senin, (03/07/2017).

    Menurutnya, mahasiswa ITB itu berasal dari Sabang sampai Merauke, dari agama dan budaya yang sangat bervariasi. Jadi cara agar mahasiswa ITB duduk sama-sama untuk mengembangkan kapasitas dalam rangka pembangunan bangsa, caranya adalah menjadikan kebhinnekaan menjadi suatu kekuatan.

    - Advertisement -

    “Dan caranya harus toleran terhadap perbedaan. Karena perbedaan adalah suatu fakta yang menjadi warnanya Indonesia. Itu bukan jadi suatu kelemahan tapi aset yang bagus untuk Indonesia maju ke depan,” ungkap Bermawi.

    Bermawi menjelaskan, tidak hanya organisasi mahasiswa Islam, organisasi mahasiswa Kristen dan lainnya juga tidak boleh. Namun bila ada mahasiswa menjadi anggota suatu Ormas itu haknya sebagai individu.

    “Bila di luar kampus silahkan saja. Tapi begitu dia ada tindakan yang melanggar, tentunya kami menggunakan pendekatan persuasif, kami akan sampaikan ini aturannya. Kalau mahasiswa masih mau tetap beraktifitas di ITB harus ditinggalkan, kalau tidak mahasiswa akan kami proses sesuai aturan di ITB,” tambahnya.[]

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here