More

    Mahasiswa UMK Kembangkan Aplikasi Deteksi Kanker Payudara

     

    Tim perancang Sadari 3D Hologram Berbasis Android memperlihatkan rancangannya. Foto : UMK

    Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok bagi perempuan. Oleh karena itu, penting bagi perempuan untuk mendeteksi secara dini kanker payudara agar bisa secepatnya diatasi.

    Bagaimana caranya? Salah satu caranya adalah lewat aplikasi ‘’Sadari 3D Hologram Berbasis Android’’.  Aplikasi merupakani inovasi mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK).

    - Advertisement -

    Mereka adalah Uswatun Hasanah, mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (Prodi TI) Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus (FT UMK) bersama ketiga rekannya yakni Maulida Ni’matus Sholikhah, Muhammad Rieza Maulana dan Deni Kusuma Wijaya. Aplikasi yang mereka buat mampu melakukan deteksi dini terhadap kanker payudara.

    Menurut Uswatun Hasanah, ide membuat aplikasi”Sadari 3D Hologram Berbasis Andorid”, bermula dari salah satu anggota keluarga yang mengidap kanker payudara. Ia ketika itu baru mengetahui apa yang dialaminya setelah stadium dua.

    ‘’Dari sinilah, saya dan teman-teman kemudian mencoba merancang aplikasi ini,’’ tuturnya.

    ‘’Sadari’’ merupakan akronim ‘’Periksa Payudara Sendiri’’. Uswatun berharap, aplikasi ini bisa berkontribusi positif bagi masyarakat dalam memberikan pemahaman mengenai kanker payudara.

    ‘’Aplikasi ini sudah kami uji coba bersama dosen, mahasiswa, dan beberapa pihak lain,’’ katanya.

    Muhammad Rieza Maulana, menambahkan, aplikasi ini dibuat mulai dari riset awal hingga jadi, sekitar empat bulan. Selanjutnya untuk perancangan hingga finalisasi, dilakukan per Maret hingga Juni.

    Uswatun Hasanah dan teman-temannya, berharap agar aplikasi rancangannya bisa diakses oleh masyarakat luas. ‘’Ini berbasis android, sehingga ke depan diharapkan bisa diunduh melalui google play store,’’ paparnya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here