More

    Sebanyak 3000 Mahasiswa Ikuti Lomba Baca AL-Quran di Malang

    Rektor UB membaca Al-Quran untuk mengawali pemencahan Rekor MURI Khatam Al-quran di Kampus UB, Rabu, (27/07/2017). FOTO : UB

    MALANG, KabarKampus – Sebanyak 3000 mahasiswa dari 251 Perguruan Tinggi se-Indonesia bakal mengikuti Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa Tingkat Nasional (MTQMN) XV. MTQMN kali akan digelar di kampus Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang dari tanggal 28 Juli hingga 4 Agustus 2017.

    Ada sebanyak 13 lomba yang digelar dalam MTQMN XV. Kategori lomba tersebut yakni  Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Tartilil Qur’an, Musabaqah Qira’at Sab’ah, Riwayat, Warsy dan Qalun, Musabaqah Hifzhil Qur’an 5 Juz, 10 Juz, dan 20 Juz,  Musabaqah Khaththil Qur’an Golongan Dekorasi, Musabaqah Fahmil Qur’an, Musabaqah Syarhil Qur’an, Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Qur’an, Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan, Al-Quran dalam Bahasa Arab (DIA) dan Bahasa Inggris, dan Musabaqah Desain Aplikasi Komputer Al-Quran.

    Prof. M. Bisri, Rektor UB sebagai tuan rumah mengatakan, ada beberapa kegiatan pendukung selain kegiatan utama dalam MTQMN. Beberapa kegiatan pendukung yang penting antara lain pembukaan rekor MURI khotmil qur’an selama tujuh hari non stop, dialog kebangsaan dan nusantara bersholawat yang mengundang beberapa da’i nasional.

    - Advertisement -

    “Kami berharap sepanjang penyelenggaraan MTQMN kali ini UB menjadi kampus yang penuh ayat-ayat Al Qur’an dan sholawat. Dan semoga bisa membawa nama baik kampus UB sebagai perguruan tinggi yang baik dan benar,” katanya.

    Sementara itu, Dr. Syamsul Hadi, M.Pd, M.Ed, Wakil Rektor III Universitas Negeri Malang menjelaskan, ada beberapa kegiatan yang akan mengisi MTQMN XV antara lain pameran kaligrafi dan Al Banjari. Selain itu kegiatan tersebut juga akan dihadiri oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. M. Nasir.

    “MTQMN tahun ini merupakan kompetisi yang akan memberikan kesempatan kepada peserta untuk bergelut dengan bidang di luar disiplin ilmu masing-masing baik yang ada kaitannya dengan tilawah hingga kompetisi desain Al Qur’an,” katanya.

    MTQMN merupakan perlombaan di bidang Al Qur’an yang diikuti oleh mahasiswa tingkat nasional. Jumlah peserta kali ini merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah diadakannya kompetisi tersebut.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here