More

    Sebanyak 93 Tim Robot Indonesia Siap Bertanding di UPI Bandung

    BANDUNG, KabarKampus – Sebanyak 93 tim dari  48 Perguruan Tinggi bakal ikut serta dalam Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional 2017 di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Ajang ini digelar di Gymnasium UPI dari hari Kamis hingga Minggu, tanggal 6 – 9 Juli 2017.

    Kontes robot yang diselenggarakan pertama kali tahun 2004 ini bakal menghadirkan lima divisi kontes. Lima divisi tersebut adalah : Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berkaki, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid,  Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI).

    Tema dan aturan dari setiap divisi kontes mengacu pada kompetisi internasional. Seperti KRAI yang mengacu pada ABU Asia Pacific Robot Contest, kemudian KRPAI mengacu pada Trinity Internasional Robot Contest, dan KRSBI mengacu pada Robocup.

    - Advertisement -

    Prof. Dr. M. Syaom Berliana, M. Pd., MT, Ketua Pelaksana KRI Tingkat Nasional 2017 menjelaskan para peserta yang mengikuti kompetisi nasional adalah pemenang kontes pada setiap Wilayah Regional. Empat wilayah tersebut terdiri dari  Regional 1 meliputi Sumatera dan sekitarnya, Regional 2 meliputi Jawa Bagian Barat, Kalimantan (Sebagian, dan Sulawesi), Regional 3 meliputi Jawa Bagian Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Regional 4 meliputi wilayah Jawa Bagian Timur, Bali NTB, NTT, Maluku dan Papua.

    “Rangkaian KRI tingkat regional telah diselenggarakan mulai 4 Mei 2017 dan berakhir pada tanggal 25 Mei 2017,” ungkap M. Syaom dalam keterangan persnya, Rabu, (05/07/2017).

    Menurut M. Syaom, dari 93 tim yang lolos, akan dibagi lagi dalam setiap divisi. Seperti  Divisi KRAI sebanyak 24 tim,  Divisi KRPAI Berkaki sebanyak 21 tim,  Divisi KRSBI Humanoid sebanyak 8 tim, Divisi KRSBI Beroda sebanyak 24 tim, dan Divisi KRSTI sebanyak 16 tim.

    Selanjutnya untuk tema setiap divisi, tambah M. Syaom meliputi, tema untuk KRAI adalah “Lempar Cakram” yang disesuaikan dengan tema ABU Robocon 2017 yaitu “The Landing Disc”, dan tema untuk KRPAI adalah “Robot Cerdas Pemadam Api”. Selanjutnya tema untuk KRSBI beroda dan KRSBI Humanoid adalah “Sepak Bola Robot Menuju Liga Sepak Bola Robot Tahun 2050” dan untuk tema KRSTI adalah “Robot Penari Gending Sriwijaya”.

    Rangkaian Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional 2017 nantinya akan dibuka dengan simposium dengan tema “The Indonesia Symposium On Robotic System and Control (ISRSC). Kegiatan ini digelar pada hari Kamis 6 Juli 2017.

    Kontes Robot Indonesia adalah kontes Robot yang digelar secara berkala oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ristek Dikti. Kontes ini diikuti oleh tim mahasiswa dan insititusi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang terdaftar di Kemenristek Dikti.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here