More

    Sebanyak 30 PT Deklarasi Forum Guru Besar Indonesa

    Para guru besar dari 30 PT berpoto bersama usai bentuk Forum Guru Besar Indonesia di UGM, Yogyakarta, Jumat, (04/08/2017). Foto : firsto ugm

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Sekitar seratus guru besar dari 30 Perguruan Tinggi di Indonesia mendeklarasikan terbentuknya Forum Dewan Guru Besar Indonesia di UGM, Yogyakarta, Jumat, (04/08/2017). Forum ini dibentuk sebagai wadah wadah untuk mennyinergikan pemikiran dan gagasan strategis untuk mendukung pembangunan dan kemajuan bangsa.

    “Kami akan merespons dan ikut serta aktif memikirkan penyelesaian persoalan strategis nasional dan internasional,” kata Prof. Dr. Ir. Putu Sudira, M.Sc., Ketua Dewan Guru Besar (DGB) UGM, saat pembacaan poin deklarasi di halaman Balairung UGM.

    Prof Putu Sudira menjelaskan, alasan para Guru Besar untuk membentuk forum ini dalam rangka lebih aktif memberikan sumbangan pemikiran dan gagasan untuk menyelesaikan berbagai persoalan bangsa. Para guru besar ingin lebih aktif lagi ikut serta menyelesaikan permasalahan bangsa lewat ide dan pemikiran mereka. Selanjutnya, usai terbentuknya Forum Guru Besar ini, mereka akan membentuk tim kelompok kerja untukmembahas berbagai isu penting sesuai dengan bidang ilmu kepakaran masing-masing.

    - Advertisement -

    “Kami membantuk semacam kluster misalnya masalah pangan, seperti soal garam, beras hingga energi,” terangnya.

    Kemudian berbagai pemikiran para Guru Besar tersebut, menurut Putu, akan disampaikan kepada pemerintah selaku pengambil kebijakan untuk menangani persoalan dengan lebih baik. Tidak hanya soal pangan, namun juga penguatan ideologi bangsa menjadi persoalan mendesak yang perlu dipikirkan bersama oleh pemerintah dan kalangan kelompok perguruan tinggi.

    “Ideologi Pancasila perlu terus ditumbuhkembangkan dan dilestarikan,” katanya

    Langkah selanjutnya, Forum Guru Besar Indonesia ini akan melaksanakan pertemuan secara periodik dengan menggandeng perguruan tinggi yang lain.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here