More

    Turkiye, Beasiswa Penuh dari Pemerintah Turki

    Penawaran beasiswa biasanya identik dengan negara-negera Eropa, tapi sebenarnya ada beberapa negara timur tengah yang juga menawarkan beasiswa bagi pelajar internasional, contohnya Turki.

    Beasiswa yang diberi nama Turkiye ini adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Turki untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan program master ataupun doktoralnya di Universitas manapun di Turki.

    Program ini merupakan beasiswa penuh. Selain biaya kuliah, para peraih beasiswa Turkiye juga akan memperoleh biaya bulanan sebesar 300 USD untuk program master dan 400 USD untuk program doktoral. Selain itu juga akan ada biaya akomodasi, biaya les bahasa turki selama 1 tahun, biaya perjalanan dan biaya kesehatan.

    Adapun syarat-syaratnya adalah para pelamar sebelumnya harus memenuhi kualifikasi yang telah ditentukan dari universitas yang akan dituju. Syarat tersebut bisa saja berupa GRE, GMAT, TOEFL atau lain sebagainya sesuai dengan jurusan masing-masing.

    - Advertisement -

    Selain syarat akademis tersebut, para pelamar juga diberikan batasan usia. Kandidat yang ingin melamar program master lahir tidak lebih dari 1 januari 1987, sedangkan untuk program doktoral harus lahir tidak lebih dari 1 Januari 1982.

    Tentunya para pelamar juga wajib memiliki ijazah dari universitas terdahulu. Bagi pelamar program master, wajib memiliki ijazah sarjana sedangkan bagi kandidat doktoral wajib memiliki ijazah master.

    Tidak ada institusi ataupun kantor yang berwenang untuk beasiswa ini. Semua pelamar diminta untuk memasukkan langsung lamarannya melalui website resmi Turkiye.

    Di sana mereka akan dipandu untuk mengisi dan melengkapi segala formulir yang dibutuhkan. Jika ada penghargaan ataupun piagam dari universitas terdahulu akan menjadi nilai tambah tersendiri.

    Beasiswa ini biasanya diberikan oleh pemerintah Turki secara tahunan dan pendaftaran umumnya dibuka pada awal tahun sekitar pertengahan bulan Januari hingga pertengahan bulan Febuari. Untuk detil tata cara dan tanggalnya dapat merujuk pada tautan ini.

    Selamat mencoba! []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here