More

    UI Buka Prodi Aktuaria

    Prof. Dr. Ir  Muhammad Anis M.Met., Rektor UI bersama  William Duggan, READI Canadian Field Director usai MOU di Fmipa UI, Depok, Selasa, (15/08/2017). Dok. UI

    DEPOK, KabarKampus – Universitas Indonesia (UI) menambah satu program studi baru yaitu S1 Ilmu Aktuaria. Prodi ini bernaung di bawah Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI (FMIPA UI).

    Peluncuran Program Studi S1 Ilmu Aktuaria ditandai dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara UI dengan READI Project (Risk Management, Economic Sustainability and Actuarial Science Development in Indonesia). Kemudian antara UI dengan Prudential Indonesia yang digelar di Kampus UI, Depok, Senin (14/08/218).

    Lingkup kerjasama antar institusi-institusi ini meliputi pengembangan profesi aktuaris  yang berdasarkan sertifikasi yang dikeluarkan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI). Selanjutnya adalah untuk meningkatkan SDM di bidang pengajaran dan mengembangkan penelitian di bidang aktuaria.

    - Advertisement -

    Prof. Muhammad Anis menyampaikan, sebagai universitas yang menyandang nama besar bangsa Indonesia, UI berkomitmen untuk menjawab tantangan bangsa dengan cara mengelola dan mengembangkan program studi yang lebih spesifik, fokus dan terarah. Komitmen ini adalah sebagai upaya didalam menciptakan tenaga ahli, dalam hal ini adalah di bidang Aktuaria.

    “Diharapkan dengan dibukanya Program Studi S1 Ilmu Aktuaria ini, FMIPA UI dapat menjadi  pencetak tenaga kerja ahli aktuaria yang sangat dibutuhkan oleh industri asuransi dan keuangan di Indonesia,” kata Rektor.

    Lebih lanjut Dr. Abdul Haris, Dekan Fmipa UI menambahkan, pendirian program studi ini didasarkan pada besarnya kebutuhan aktuaris di Indonesia dan banyaknya peminat mata kuliah aktuaris di Departemen Matematika FMIPA UI. Aktuaris harus dihasilkan dari institusi yang telah memiliki pengalaman dalam pengelolaan dan sistem akademik dengan kredibilitas yang baik di Indonesia.

    “Departemen Matematika FMIPA UI telah siap berpartisipasi aktif dalam penyediaan SDM Aktuaris yang handal,” kata Prof Haris.

    Bagi kamu yang ingin mendaftar, pendaftaran prodi ini baru dibuka baru dibuka tahun depan yaitu pada tahun ajaran 2018/2019.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here