More

    Keren nih, Unpad Raih Penghargaan “Grey Literature”

    Direktur Sumber Daya Akademik dan Perpustakaan (SDAP) Unpad Prof. Dr. Budi Setiabudiawan,menerima penghargaan kategori “Grey Literature” dari Perpustakaan Nasional RI di acara penutupan Indonesia International Book Fair 2017 di Jakarta, Minggu (10/09/2017). FOTO : UNPAD

    BANDUNG, KabarKampus-Perpustakaan Nasional memberikan penghargaan “Grey Literature” atas upaya Universitas Padjajaran (Unpad) mengimplementasikan UU No. 4 Tahun 1990. Unpad dinilai berhasil memanfaatkan portal daring (online) Kandaga untuk mendokumentasikan dan mengakses seluruh karya ilmiah civitas akademika Unpad.

    Penghargaan “Grey Literature” diserahkan oleh pihak Perpustakaan Nasional kepada Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, Direktur Sumber Daya Akademik dan Perpustakaan (SDAP) Unpad, pada acara penutupan Indonesia International Book Fair (IIBF) 2017 di Jakarta Convention Center, Minggu (10/09/2017) lalu.

    “Grey Literature” merupakan seluruh karya ilmiah dan nonilmiah yang dihasilkan perguruan tinggi atau lembaga induk lainnya dari setiap perpustakaannya. Karya tersebut antara lain skripsi, tesis, disertasi, makalah, publikasi internal dan eksternal, hingga beragam karya lainnya.

    - Advertisement -

    Pemanfaatan portal daring (online) kandaga.unpad.ac.id ini dinilai berhasil menjembatani kebutuhan publik akan pengetahuan dan sumber literatur yang baik. Portal ini pula memudahkan pencarian karya civitas academica Unpad dari berbagai jurnal nasional maupun internasional.

    “Direktorat SDAP sudah mengembangkan sistem pencarian one search melalui portal kandaga, jadi semua produk dari civitas academica semuanya disimpan dalam Kandaga,” kata Prof. Budi Setiabudiawan seperti dikutip dari laman unpad.ac.id

    Lebih lanjut Prof. Dr. Budi Setiabudiawan menerangkan portal Kandaga mengintegrasikan berbagai produk dan sistem penunjang pembelajaran, yakni repositori digital, e-journal, sistem e-resources, e-book, Unpad Library (LIMS), hingga penyediaan perkuliahan berbasis daring (e-learning).

    Dalam sistem repositori, karya yang disimpan berupa skripsi, tesis, disertasi. tugas akhir, publikasi riset, hingga karya ilmiah lainnya yang ditulis oleh dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan. Berbagai buku yang telah diterbitkan Unpad Press juga dapat diakses oleh pengunjung portal melalui sistem e-book.

    Selain itu, Portal Kandaga juga memiliki sistem integrasi digital antara perpustakaan Unpad dan seluruh fakultas melalui Unpad Library (LIMS). Melalui sistem ini satu fakultas dengan mudah dapat mencari berbagai referensi dari perpustakaan fakultas lain tanpa harus mendatanginya.

    “Portal satu pintu Kandaga ini merupakan terobosan pertama yang dilakukan perguruan tinggi di Indonesia. Portal ini dapat diakses secara umum dan dimana saja melalui komputer atau perangkat gawai,” ungkap Prof. Dr. Budi Setiabudiawan.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here