More

    Dr Ari Fahrial Syam Terpilih Sebagai Dekan Kedokteran UI

    Dr. dr. Ari Fahrial Syam-SpPD KGEH MMB..

    Dr.dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD. KGEH, MMB terpilih sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) periode 2017 – 2021. Ia terpilih melalui proses asesmen di hadapan Rektor UI dan Para Wakil Rektor yang dilaksanakan di Gedung Pusat Administrasi UI kampus Depok, Senin, (13/11/2017).

    Dr. Ari unggul dari empat kandidat calon Dekan FKUI lainnya. Mereka adalah Prof. dr. Badriul Hegar Syarif, Dr. dr. Budi Wiweko, dr. Ponco Birowo, Ph.D dan Dr. dr. Sonar Soni Panigoro.

    Dr. Ari mengaku, setelah bertugas nanti, ia ingin mewujukan FKUI menjadi fakultas yang mandiri, unggul, dan mampu menyelesaikan tantangan bidang kedokteran dan kesehatan nasional & internasional melalui Academic Health System (AHS)”.  Selain itu ia juga akan mengoptimalkan fungsi Indonesian Medical Education and Research Institute (IMERI) sebagai pusat penelitian dan optimalisasi keuangan FKUI.

    - Advertisement -

    “Sehingga kedepannya, IMERI dan AHS beserta segenap departemen keilmuan yang ada di FKUI dapat berkolaborasi untuk meningkatkan jumlah penelitian dan pengembangan ilmu kedokteran yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia,” tambahnya.

     

    Selain itu, kata Dr. Ari, program lainnya adalah, ia ingin menawarkan pembentukan media corner yang akan beroperasi 1×24 jam untuk menjawab hoax-hoax kesehatan yang beredar di masyarakat. Hal itu karena, isu hoax kesehatan kerap beredar dengan cepat dan meresahkan masyarakat.

    “Disinilah diharapkan FKUI berperan untuk meminimalisir keresahan serta meluruskan isu dan memberikan edukasi yang benar seputar isu kesehatan,” ungkap dokter spesialis Ilmu Penyakit Dalam yang juga konsultan Gastroenterologi Hepatologi ini.

    Dr. Ari meraih gelar dokter umumnya di FKUI pada tahun 1990. Sebagai seorang dokter, ia jugaaktif menulis artikel ilmiah populer untuk awam di media cetak, serta menjadi narasumber untuk berbagai media cetak dan TV. Selain itu ia juga aktif di bidang penelitian dan telah menghasilkan sejumlah karya ilmiah yang telah dipublikasikan di kongres-kongres nasional dan internasional.

    Sejumlah penghargaan yang berhasil ia raih diantaranya Young Clinician Award pada World Congress of Gastroenterology Bangkok ; Peneliti Terbaik bidang Gastroenterologi pada Konferensi Kerja Nasional PGI-PEGI-PPHI Balikpapan ; Travel Award pada Seoul Internasional Digestive Disease Weeks ; dan pemenang penghargaan artikel pada jurnal Internasional DRPM UI tahun 2006 dan 2008. Sebelumnya, Dr. Ari pernah menjabat sebagai Manajer Ventura FKUI 2012-2014.

    Selamat ya Dr. Ari!

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here