More

    UI Raih Juara Umum Kompetisi IT Se-Indonesia 2017

    UI juara umum Gemastik 2017. Dok. UI

    DEPOK, KabarKampus – Universitas Indonesia (UI) berhasil keluar sebagai Juara Umum Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) X/2017. Dalam ajang yang digelar sejak 2 November 2017 tersebut, tim mahasiswa UI berhasil meraih empat emas dari sepuluh kategori yang dilombakan.

    Ajang ini diikuti oleh 110 tim dari 36 Perguruan Tinggi yang tersebar di 18 propinsi se-Indonesia. Pengumuman dan Penutupan GEMASTIK X/2017 dilaksanakan pada Sabtu (4/11) di Sabha Widya UI kampus Depok.

    Dengan kemenangan ini tim UI berhak mendapatkan hadiah berupa piagam dan uang tunai senilai Rp 5 juta. Selain itu, tim UI juga berhak membawa pulang Piala Bergilir “Samakbya Padhesa Widya” yang artinya “Informasi yang benar untuk ilmu pengetahuan.”

    - Advertisement -

    Hafidz Rafizal Adnan, salah satu perwakilan dari Tim Sunstar.Gov dari UI menuturkan, salah satu kunci kemenangan tim mereka adalah pemilihan topik yang unik. Mereka mengambil tema kesehatan yang belum banyak terjamah di bidang IT.

    “Kami membuat sebuah aplikasi yang memudahkan masyarakat mengetahui sebaran penyakit menular di Indonesia, dengan demikian dapat memberikan informasi bagi masyarakat serta pemerintah,” katanya.

    Kedepannya, menurut Hafidz, dibutuhkan riset lebih mendalam lagi agar aplikasi ini dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Selain itu dapat memberikan kemudahan dari segi user interface dan sistemnya.”

    GEMASTIK merupakan rangkaian perlombaan, pameran dan seminar di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah berkesinambungan setiap tahunnya. Kegiatan ini merupakan program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here