More

    Jokowi Coba Mobil Listrik ITS

    Jokowi duduk di depan saat mencoba mobil listri “Ezzy II” ITS. Foto : Biro Pers Setpres

    BANDUNG, KabarKampus – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menguji coba mobil listrik Ezzy II, karya Insitut Sepuluh November (ITS) Surabaya. Uji coba mobil tersebut ia lakukan, saat meresmikan Tol Surabaya-Mojokerto atau Tol Sumo seksi IB, II dan III di Gerbang Tol Warugunung Surabaya, Selasa(19/12/2017).

    Selama menunggangi mobil Ezzy II, Jokowi didampingi oleh tim teknis sapu angin ITS. Ia duduk di kursi depan Ezzy dan  berkeliling selama sepuluh menit di jalan tol dan keluar dari pintu tol Warugunung.

    “Cuman sedikit ada goncangan ketika menaikkan gigi mobil tadi,” kata Jokowi mengomentari mobil Ezzy II.

    - Advertisement -

    Meski demikian, menurut Jokowi, pemerintah akan mendorong produk dalam negeri, untuk bisa diproduksi secara massal dan diakses pasar. Meskipun prosesnya lama dan sulit, tapi pemerintah akan terus berupaya mendorong produk riset anak negeri.

    Mobil listrik yang ditunggangi Jokowi tersebut merupakan generasi kedua pengembangan dari mobil listrik Ezzy I yang dirintis 2013 lalu. Ezzy II menggunakan tenaga baterai sebesar 20 kWh dengan kemampuan jarak tempuh 130 km. Mobil ini bisa melaju dengan kecepatan maksimum 180 km per jam dengan pendistribusian berat yang jauh lebih stabil.

    Sebelum ditunggangi Jokowi, tim PUI SKO ITS telah diujicoba selama dua malam terakhir. Pada saat akan digunakan Jokowi mobil tersebut telah siap digunakan.

    Selain mobil Ezzy II, ITS juga menyiapkan beberapa mobil listrik ITS untuk dipamerkan di lokasi. Mobil yang akan dipamerkan diantaranya satu unit supercar Lowo Ireng, dua unit motor listrik Gesits, dan satu unit bus bertenaga surya dan listrik.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here