More

    UGM Pamer Mobil Listrik Keliling Yogyakarta

    UGM pamer mobil listrik keliling Yogyakarta. Foto. Humas UGM

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar parade mobil listrik karya Fakultas Teknik UGM. Dalam parade tersebut, mobil listrik UGM berkeliling Kota Yogyakarta melewati beberapa pusat keramaian, seperti Tugu Yogyakarta dan Malioboro, Minggu, (18/02/2018)

    Beberapa mobil listrik yang mengikuti parade, diantaranya adalah Moligama (mobil listrik Gadjah Mada – ICA) dan dua buah mobil golf (Semar versi 1, dan Semar versi 2). Selain itu, ada juga mobil Arjuna, mobil listrik formula yang pernah tampil dan memenangi salah satu ajang kejuaraan di Shizuoka, Jepang tahun lalu.

    Selain mobil listrik, dalam parade dan pameran tersebut turut ditampilkan tiga buah becak listrik. Becak ini dapat memudahkan tukang becak mengangkut penumpang dengan menghemat energi dan ramah lingkungan dibanding becak motor. Tak hanya di situ, dua sepeda listrik yang dikembangkan juga mengikuti parade tersebut.

    - Advertisement -

    “Semua mobil tersebut merupakan karya dari dosen dan mahasiswa FT UGM,” terang Prof. Panut Mulyono, Rektor UGM.

    Ia menjelaskan, sebagian besar penggunaan BBM saat ini dipakai pada bidang transportasi. Menurut Panut teknologi mobil listrik yang dikembangkan ini dapat menjadi solusi untuk mengurangi penggunaan energi bahan bakar fosil.

    “Selain mengurangi penggunaan BBM, teknologi mobil listrik juga dapat mengurangi polusi karena ramah lingkungan dan tidak menghasilkan emisi,” terangnya.

    Parade mobil listrik merupakan rangkaian kegiatan Hari Pendidikan Tinggi Teknik yang ke 72 (HPTT ke-72). Acara ini sekaligus memperingati lahirnya Fakultas Teknik UGM yang didirikan pada 17 Februari 1946.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here