More

    Catatan Buat Peserta SBMPTN Berkebutuhan Khusus di Bandung

    Ilustrasi / Peserta difabel masih mengalami kesulitan mengikuti ujian SBMPTN. FOTO : Hartanto Ardi Saputra

    BANDUNG, KabarKampus – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah dibuka. Untuk pendaftaran Ujian Tertulis Berbasis Cetak telah dibuka sejak 05 hingga 27 April 2018. Sementara untuk yang ingin mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer baik Dekstop maupun Android telah dibuka sejak 18 – 27 April 2018.

    Ada beberapa catatan untuk peserta SBMPTN berkebutuhan khusus. Setelah melakukan pedaftaran atau memiliki kartu peserta, mereka diwajibkan untuk datang ke Sekretariat SBMPTN di Kampus ITB, Bandung pada tanggal 03 Mei 2018 pukul 14.00 WIB.

    “Ini karena para peserta berkebutuhan khusus tidak akan ditempatkan seperti yang tercantum pada kartu ujiannya, namun ditampung di kampus ITB,” kata Prof Asep Gana Suganda, Sekretaris Eksekutif I, Panitia Lokal 34 Bandung di Kampus ITB Bandung, Rabu, (18/04/2018).

    - Advertisement -

    Ia menerangkan, ada sejumlah lampiran yang wajib dibawa peserta berkebutuhan khusus pada tanggal 03 Mei 2018 tersebut. Lampiran itu adalah satu lembar fotocopy identitas, dua lembar pasfoto 4 x 6, dan seorang pendamping yang  akan mendampingingi ketika ujian tertulis.

    Selain itu, tambahnya adalah pedamping tersebut diwajibkan juga membawa identitas diri dengan fotocapy sebanyak satu lembar, kemudian pasfoto 4 X 6 sebanyak dua lembar, dan mengisi suarat pernyataan pendamping yang disiapkan panitia.

    “Pendamping itu mendampingi peserta ketika ujian, bukan mendampingi ikut menjawab,” ungkap Asep Gana.

    Kemudian menurut Asep Gana, ketika mendampingi, ia bertugas sebagai saksi. Bila peserta menjawab A dan pengawas menuliskannya B, maka pendamping berhak untuk protes.

    “Itu karena pendamping adalah saksi dan yang memasukkan jawaban dan membaca soal adalah pengawas,” terang Asep Gana.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here