More

    PSM IPB Agria Harumkan Nama Indonesia di Swiss

    Tim IPB Agria Swara saat mengikuti The 54th International Montreux Choral Festival di Salle del Castillo, Vevey dan Auditorium Stravinski, Montreux, Swiss, 4 – 7 April 2018. Foto. Agria Swara

    BOGOR, KabarKampus – Paduan Suara Mahasiswa (PSM) IPB Agria Swara kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Kali ini mereka meraih kemenangan sebagai paduan suara dengan predikat predikat Excellent avec felicitations The 54th International Montreux Choral Festival di Salle del Castillo, Vevey dan Auditorium Stravinski, Montreux, Swiss, berlangsung pada 4-7 April 2018.

    Selain itu tim yang memiliki The 8th IMAC (The 8th International Mission in Art and Culture) PSM IPB Agria Swara ini juga meraih penghargaan 1st Prize kategori mixed choir pada The 54th International Montreux Choral Festival. Mereka menyisihkan tim dari sembilan negara peserta lainnya yaitu Inggris, Rusia, Belgia, Latvia, Spanyol, Ukraina, Filipina, Bulgaria, dan Indonesia.

    Dengan menggunakan tiga jenis kostum karya Raden Sirait, PSM IPB Agria Swara tampil dengan membawakan sembilan lagu dengan total durasi 30 menit. Lagu tersebut terbagi dalam dua sesi kompetisi pada hari yang berbeda.

    - Advertisement -

    Lagu-lagu tersebut diantaranya Zefiro Torna (Claudio Monteverdi), Nachtwache II (Johannes Brahms), O Magnum Mysterium (Cyrill Schürch), Agnus Dei (Ivan Yohan), Readymade Alice (Perttu Haapanen), Angele Dei (Ken Steven), Ronde (Maurice Ravel), Long Road (Eriks Esenvalds), dan Gayatri (Bagus S. Utomo). Hampir seluruh penampilan PSM IPB Agria Swara mendapat sambutan yang sangat baik dari penonton, baik pada penampilan di Centre Manor, Salle del Castillo, Auditorium Stravinski, maupun konser budaya pada acara “Explore Remarkable Indonesia”, Pratteln.

    Arvin Zeinullah, SPd, MSi, Pelatih dan conductor PSM IPB Agria Swara menjelaskan, kompetisi ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan sangat ketat dalam banyak aspek penilaian. Tidak hanya menyelaraskan suara, intonasi, dan karakter, namun juga bagaimana conductor mampu memilih lagu, mengoreksi setiap ucapan sesuai dengan bahasa aslinya, serta menjalin komunikasi emosional maupun pendekatan individual dengan insan-insan yang dipimpinnya.

    Perjalanan PSM IPB Agria Swara ini merupakan misi internasional seni dan budaya IPB ke-8 (The 8th International Mission in Art and Culture [The 8th IMAC]) sejak tahun 2005. Sebelumnya, PSM IPB Agria Swara sudah mencetak beberapa prestasi gemilang, seperti meraih Golden Diplome sekaligus juara terbaik dalam kategori mixed Choir di Budapest, Hungaria (2007), juara Umum di Rimini, Italia (2009), 3rd Prize pada The 50th Montreux Choral Festival, P.E.A.C.E Trophy pada The 60th Cork International Choral Festival (2014), 3rd Prize pada The 13th International Flanders-Maasmechelen Choir Contest (2015), dan The 1st Prize pada the 4th City of Derry International Choral Festival, Derry, Irlandia Utara (2016). Selain mengikuti kompetisi Internasional, PSM IPB Agria Swara juga mengadakan konser budaya, baik berdasarkan inisiatif, maupun arahan panitia setempat.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here