More

    Berolahraga Sambil Mencuci dengan “Mesin Cuci Gowes”

    Mesin Cuci Gowes karya mahasiswa TI UMM. Foto : UMM

    Kamu rajin berolahraga sepeda namun malas mencuci pakaian? Nampaknya inovasi yang satu ini cocok buat kamu.

    Inovasi tersebut adalah Mesin Cuci Gowes. Dikembangkan oleh sekelompok mahasiswa Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang.

    Salah satunya oleh Arfian Sinatrya Darussalam. Arfian bersama delapan anggota kelompok lainnya mengembangkan inovasi ini sembari menempuh mata kuliah Pengembangan Produk. Mereka mengembangkannya dengan memodifikasi peralatan yang lama.

    - Advertisement -

     

    Mesin cuci rusak yang sudah tidak dipakai lagi lalu menggabungkannya dengan sepeda. Mesin ini dibuat dengan manfaatkan beberapa bagian rangka yang dirangkai dengan semacam gir untuk memutar bagian dalam mesin cuci. Mengandalkan kaki untuk menggowes sepeda, alat ini cukup mudah digunakan.

    Arfian dan kawan-kawan beralasan, mereka mengembangkan inovasinya karena, pemakaian listrik pada mesin cuci membuat pengeluaran rumah tangga semakin tinggi. Ia berharap apa yang mereka kembangkan memberikan solusi khususnya bagi ibu rumah tangga untuk memudahkan mencuci baju dengan  biaya yang relatif murah.

    Arfian mengaku, mereka mengerjakan alat ini memakan waktu sekitar tiga bulan. Proses penyempurnaan terus dilakukan mulai dari riset hingga produksi.

    “Kedepannya kami ingin membuat mesin cuci gowes yang lebih baik dan lebih baik lagi,” tutur Arfian.

    Saat ini mesin cuci gowes masih dipakai secara pribadi oleh Arfian dan teman-temannya di rumah kos. Setelah unjuk gigi di gelar produk universitas, mesin ini rencananya akan diikutkan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa).

    Selanjutnya, Arfian dan tim berharap kelak mesin ini dapat dikomersilkan.[UMM]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here