More

    Vokasi UI Gandeng 12 BUMN Untuk Program Magang Bersertifikat

    Kiri Kanan : Prof Muhammad Anis, Rektor UI, Rini Soemarno, Menteri BUMN dan Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA., Direktur Program Pendidikan Vokasi UI . Dok. UI

    DEPOK, KabarKampus – Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi UI) menggandeng Kementerian BUMN untuk Program Magang Bersertifikat. Ada sebanyak 12 Perusahaan BUMN yang terlibat dalam program ini.

    Kerjasama kedua lembaga ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara UI dan 12 Perusahaan BUMN dan Forum Human Capital Indonesia di Auditorium Vokasi UI, Kampus Depok, Kamis, (28/06/2018). Kerjasama ini dibuka dengan Orasi Ilmiah Rini M. Soemarno, Menteri BUMN bertajuk “Peran Serta BUMN dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Vokasi”.

    Rini Soemarno mengatakan, kerjasama ini merupakan salah satu komitmen Kementerian BUMN dalam mendukung Program Pendidikan Vokasi. Program pendidikan Vokasi sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam mendukung kemajuan dan kemandirian bangsa.

    - Advertisement -

    “Saya ingin perusahaan BUMN yang ada di Indonesia dapat pula menjadi agen pembangunan nasional dalam hal membentuk generasi muda untuk siap bersaing menghadapi persiangan di era globalalisasi,” ungkapnya.

     Sejalan dengan Rini, Prof. Anis menyampaikan, UI terbuka dengan segala bentuk kolaborasi antara Perguruan dengan Pemerintah maupun Industri (triple helix). Sehingga membangun negeri melalui dunia akademis dapat berlangsung optimal.

    “Vokasi UI menghasilkan setidaknya 1.000 ahli madya pertahun dengan masa tunggu kerja 1,5 bulan. Diharapkan dukungan dari Menteri BUMN khususnya melalui program magang bersertifikat dapat meningkatkan SDM Ahli Madya yang praktis, handal, cekatan yang match dengan kebutuhan industri,” tambah Prof Anis.

    Duabelas Perusahaan BUMN yang berpartisipasi dalam program Magang bersertifikat adalah : PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk ; PT Bank Tabungan Negara, Tbk; PT Bank Mandiri, Tbk; PT Bank Nasional Indonesia, Tbk; PT Taspen (Persero); Perum BULOG; PT Waskita Karya Tbk; Perum Perikanan Indonesia; PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk; PT Perkebunan Nusantara III; DAMRI ; dan Krakatau Steel.

    Program Magang bersertifikat dikelola oleh Forum Human Capital Indonesia dibawah Kementerian BUMN RI. Melalui program ini BUMN menjaring talent terbaik yang bisa ditempatkan di BUMN dan dibentuk untuk menjadi pemimpin masa depan melalui program magang setidaknya selama dua semester.

    Program ini akan dilakukan dengan konsep 3-2-1, yaitu 3 semester di kampus, 2 semester magang di BUMN, dan 1 semester untuk membuat laporan akhir.

    Selain Rektor UI dan Menteri BUMN, juga turut hadir adalah Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA.,  Direktur Program Pendidikan Vokasi UI dan Herdy Rosadi Harman, Direktur Forum Human Capital serta jajaran pimpinan 12 Perusahaan BUMN.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here