More

    UI Kirim Tim Medis Ke Lombok

    DEPOK, KabarKampus – Universitas Indonesia (UI) mengirimkan tim medis untuk membantu korban gempa bumi di Lombok. Rombongan yang tergabung dalam UI Peduli ini berangkat menuju Lombok dari Bandara Halim Perdanakusuma pada Selasa, (07/08/2018).

    Tim UI Peduli yang berangkat berjumlah tujuh orang. Selama di sana, tim akan melakukan pemetaan awal lokasi bencana dan turut membantu pelayanan medis bersama tim PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia) Cabang Lombok.

    “Ini adalah upaya respon cepat dari kami terhadap bencana di Lombok yang telah memakan korban jiwa hingga kini mencapai 99 orang,” kata Prof. Heri Hermansyah, Direktur DRPM UI yang merupakan koordinator Tim UI Peduli Gempa Lombok, Selasa, (07/08/2018).

    - Advertisement -

    Selama di sana, Tim UI Peduli akan berkonsentrasi di dua klaster. Keduanya adalah Klaster Kesehatan terkait dengan pelayanan medis dan Klaster Pengungsian dan Perlindungan terkait dengan sanitasi dan air bersih, layanan psikososial dan identifikasi bangunan yang masih berdiri.

    Tim UI Peduli yang berangkat akan melaksanakan proses rapid assestment. Ini adalah sebuah proses pemetaan permasalahan di suatu daerah melalui proses survei lapangan, wawancara, dan angket. Nantinya proses ini akan menjadi dasar perencanaan jangka menengah dan panjang serta menjadi landasan untuk tim berikutnya didalam menyiapkan kebutuhan masyarakat di lokasi bencana.

    Setelah tim asesmen berangkat melihat secara langsung lokasi bencana dan memetakan kebutuhan bantuan, maka tim besar akan kembali berangkat dari kampus UI pada 10 Agustus 2018. Mereka yang dikirimkan terdiri dari dokter umum dan dokter spesialis penyakit dalam serta tim Resimen Mahasiswa UI dengan kualifikasi siap untuk fase tanggap darurat.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here