More

    Paduan Suara Tel-U Borong Emas di “Soegijapranata Choral Festival 2018”

    Telkom University (Tel-U) Choir di “Soegijapranata Choral Festival 2018”. Foto : SCF

    SEMARANG, KabarKampus – Telkom University (Tel-U) Choir membawa pulang gelar juara “Soegijapranata Choral Festival 2018”. Kompetisi bertaraf internasional ini berlangsung selama empat hari dari tanggal  6-9 September 2018 di Auditorium Gedung Albertus, Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.

    Telkom University Choir mengikuti tiga kategori yaitu Sacred Music, Mixed Choir, dan Folklore. Pada kategori Sacred Music Telkom University Choir membawakan tiga buah repertoire sakra dari berbagai zaman yaitu Exultate Deo (Palestrina) dari zaman renaissance, Heilig (Mendelssohn) dari zaman romantic, dan Gloria Patri (Budi Susanto Yohanes) dari zaman kontemporer.

    Pada kategori Mixed Choir Telkom University Choir membawakan lagu Fajar dan Senja II (Ken Steven), Napadly Pisne (Antonin Dvorak), dan Gaur Akelarre (Josu Elberdin). Sementara pada kategori Folklore Telkom University Choir mengangkat kebudayaan Papua dengan menggunakan pakaian daerah Papua serta membawakan lagu Yamko Rambe Yamko (arr. Agustinus Bambang Jusana) dan lagu Benggong dari daerah Manggarai (arr. Ken Steven).

    - Advertisement -

    Dalam kompetisi tersebut Telkom University Choir berhasil membawa pulang tiga mendali emas pada tiga kategori tersebut. Selain itu Telkom University juga meraih Best Program in Mixed Choir dan 2nd Runner Up Grand Prix (Juara Umum ke-3 dari 48 Paduan Suara).

    Soegijapranata Choral Festival 2018 ini merupakan lomba pertama yang diselenggarakan oleh Gratia Choir Universitas Katolik Soegijapranata. Juri yang menilai kompetisi ini diantaranya adalah Agastya Rama Listya (Indonesia), Budi Susanto Yohanes (Indonesia), Avip Priatna (Indonesia), Mark Anthony Carpio (Philippines), dan Dr. Masashi Kishimoto (Jepang).

     “Walaupun kompetisi ini merupakan kompetisi yang baru diadakan untuk pertama kalinya tapi kompetisi ini cukup menantang bagi kami, dengan peserta-peserta yang cukup berat seperti UNS, ITS, UB, UNDIP, dan masih banyak lainnya. Ditambah latihan yang cukup singkat hanya 1 bulan, serta kami membawa penyanyi sebanyak 55 orang dengan mayoritas penyanyi anggota baru 2017” tutur Indriyana selaku ketua tim.

    Pada kompetisi ini Telkom University Choir bertanding dengan 48 paduan suara lainnya. Diantaranya adalah Xavier University Glee Club Filipina, Angelus Voice (SD PL Bernardus Semarang), Domsav Choir (SMP PL Domenico Savio Semarang), Viva Brio Choir (SMAN 1 Salatiga), Voca Erudita serta Voca Erudita Female Choir (Universitas Sebelas Maret Surakarta), Diponegoro University Choir, PSM Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, dan Administratio Choir (Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Administrasi).[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here