More

    Dorong Peningkatan Akreditasi, Unla Bina Perguruan Tinggi Mitra

    Universitas Langlangbuana menggelar forum silaturahmi dengan perguruan tinggi mitra di Bandung, Senin, (09/10/2018). Foto. Istimewa

    BANDUNG, KabarKampus – Universitas Langlangbuana (Unla) melaksanakan kegiatan forum silaturahmi dengan perguruan tinggi mitra di Hotel Golden Flower, Senin, (08/10/2018). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen dari nota kesepahaman antara Unla dengan perguruan tinggi mitra, yang mengharuskan Unla melakukan pembinaan terhadap peningkatan kualitas institusi mitra.

    Hadir dalam forum silaturahmi tersebut diantaranya Ketua LLDIKTI Wilayah IV Jabar Banten, Sekretaris BAN PT, Ketua Pembina dan para Pembina dari Yayasan Pendidikan Tri Bhakti Langlangbuana, Ketua Pengurus YPTBL, para warek dan dekan UNLA. Selain itu juga hadir perwakilan dari perguruan tinggi mitra yakni Universitas Muhammadiyah Cirebon, STT Texmaco, STT Bandung, STT Wastukencana, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Akademi Industri Tekstil Bandung dan STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi

    Dr. HR.AR. Harry Anwar SH., MH, Rektor Unla mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini esensinya adalah untuk peningkatan kualitas melalui peningkatan nilai akreditasi. Tidak dapat dipungkiri, bahwa salah satu ciri kualitas sebuah perguruan tinggi dinyatakan melalui akreditasi.

    - Advertisement -

    “Akreditasi memang mutlak diperlukan, diantaranya adalah sebagai tanggung jawab intitusi atas kepercayaan masyarakat yang sudah menitipkan anak-anaknya menjadi mahasiswa,” ujar Harry.

    Lebih jauh, Harry mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk saling mendorong perguruan tinggi mitra. Sehingga dapat meningkatkan nilai akreditasinya.

    Sementara itu, Drs. H. Nana S. Permana, Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Tri Bhakti Langlangbuana menyatakan, saat ini dunia pendidikan mensyaratkan adanya persaingan yang ketat. Hal ini terjadi karena dunia pendidikan sudah mendunia, dengan tantangan dan rintangan yang tidak sedikit.

    “Dalam hal ini, akreditasi menjadi syarat mutlak dalam menentukan standar mutu. Akreditasi juga sangat penting dan bisa memberikan manfaat bagi semua pihak yaitu masyarakat, stakeholder, user, dan lain-lain. Alhamdulillah, Unla sudah mendapat akreditasi B untuk AIPT”, ujar Nana.

    Dalam kesempatan yang sama, Prof. Dr. Uman Suherman AS., M.Pd, Ketua LLDIKTI Wilayah IV Jabar Banten, menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh Unla ini. Menurutnya, perguruan tinggi di wilayah Jabar Banten harus meningkatkan daya saing, diantaranya melalui akreditasi.

    “Bagi perguruan tinggi yang sudah akreditasi A dan B, maka kini di dorong untuk melaksanakan akreditasi internasioal. Akreditasi memang bukan awal segalanya, tetapi akreditasi merupakan gambaran dari hasil audit mutu. Kompetensi juga harus menjadi tolak ukur yang utama bagi perguruan tinggi,” ujar Uman.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here