More

    Tel-U Choir Bawa Pulang Gold Medal “Festival Folklor Nusantara”

    Telkom University Choir

    Telkom University Choir berhasil membawa pulang Gold Medal dalam kompetisi nasional Festival Folklor Nusantara (FFN) yang berlangsung di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Sabtu Minggu, 27-28 Oktober 2018.  Dalam kegiatan ini mereka menyisihkan sebanyak 11 finalis dari berbagai kampus di Indonesia.

    Festival Folklor Nusantara digelar oleh HIMPUNI (Perhimpunan Organisasi Alumni PTN Indonesia). Kegiatan digelar sebagai momentum 90 Tahun Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2018.

    “Untuk kompetisi ini sendiri, kami telah berlatih selama kurang lebih satu bulan setelah kembali dari kompetisi Soegijapranata Choral Festival kemarin,” kata Ruri penanggung jawab Tel U Choir.

    - Advertisement -

    Menurutnya, kompetisi ini cukup berbeda dengan kompetisi yang pernah mereka ikuti. Hal itu karena, biasanya seluruh tim termasuk konduktor harus mahasiswa aktif.

    Meskipun demikian, kata Ruri mereka tetap yakin untuk bisa menampilkan yang terbaik. Hasilnya,  Telkom University Choir mendapatkan Gold Medal dengan nilai 82,40.

    Sebelumnya, pada tahap awal pendaftaran Festival Folklor Nusantara ada sebanyak 56 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia yang mendaftar. Metode seleksi finalis diawali melalui video penampilan lagu folklor. Kemudian dipilihlah sebanyak 12 finalis terbaik untuk bertanding di babak final.

    Dua belas finalis yang telah terpilih yaitu Paduan Suara Mahasiswa yaitu PSM Paragita Universitas Indonesia, PSM Universitas Gadjah Mada, PSM Universitas Atma Jaya Yogyakarta, PSM Cantus Firmus Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, dan PSM Universitas Diponegoro. Kemudian adalah PSM IAKN Tarutung, IPB Junior Voice Institut Pertanian Bogor, PSM Universitas Tarumanagara, PSM Universitas Hassanudin, PSM Swara Satata Cakti Universitas Negeri Malang, PSM Institut Teknologi Sepuluh November, termasuk juga Telkom University Choir.

    Pada babak final kompetisi, para finalis diwajibkan membawa 1 lagu wajib pilihan dan satu lagu daerah. Dalam kesempatan tersebut Telkom University Choir membawakan lagu wajib pilihan yaitu Tanah Airku (cipt. Ibu Sud, arr. Ken Steven)  dan juga lagu daerah berjudul Benggong (arr. Ken Steven) dari daerah Manggarai.

    Selamat buat Tel-U.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here