More

    Vokasi UI Gandeng Dua Perusahaan BUMN Untuk Program Bersertifikat

    Prof.Sigit (dua dari kiri – dasi biru) usai penandatanganan kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Dok. UI

    JAKARTA, KabarKampus – Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi UI) kembali menambah mitra industri untuk program magang bersertifikasi. Mitra tersebut adalah PT Pertamina Bina Media (Pertamedika) dan BPJS Ketenagakerjaan.

    Kerjasama lembaga tersebut ditandai dengan penandatanganan kerjasama antara Direktur Vokasi, Direktur Utama Pertamedia dan Direktur Umum dan SDM BPJS. Penandatanganan dilakukan di Kantor Pertamedika dan BPJS, Jakarta 29 – 30 Oktober 2018.

    Dengan terjalinnya kerjasama tersebut, maka para mahasiswa semester empat dan lima Vokasi UI dapat melakukan magang bersertifikat di kedua instansi tersebut. Pada Pertamedika, yang berkesempatan magang di institusi tersebut adalah mahasiswa jurusan Fisioterapi dan Okupasi Terapi Vokasi UI. Sedangkan di BPJS Ketenagakerjaan kesempatan magang terbuka untuk berbagai jurusan seperti Asuransi dan Aktuaria, Komunikasi, Administrasi Perkantoran dan Sekretari.

    - Advertisement -

    Prof. Sigit menuturkan, kerjasama ini sesua dengan program yang dicanangkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi RI. Vokasi UI menjalankan “Kurikulum 321” dimana tiga semester awal belajar di kampus, dua semester berikutnya studi kerja di industri dan satu semester akhir magang dapat diterapkan optimum jika memiliki mitra yang berkomitmen tinggi.

    “Sinergi antara institusi pendidikan dan industri sangat berperan penting untuk menghasilkan lulusan berkompeten. Dengan bertambahnya jumlah mitra industri Vokasi UI, diharapkan dapat memperkaya penguasaan ilmu, peningkatan kemampuan dalam bidang kerja serta membuka jaringan agar setelah lulus, para mahasiswa dapat langsung diserap sebagai tenaga kerja di industri, lembaga pemerintahan atau berwirausaha secara mandiri,” katanya.

    Tak hanya magang, kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan juga termasuk Vokasi UI yang menyediakan Tempat Uji Kompetensi untuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan melayani sertifikasi terkait Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Selain itu BPJS juga menyediakan pelatihan, kajian terapan, konsultasi bisnis bagi para mitra, karyawan dari BPJS Ketenagakerjaan.

    Kini, dengan ditambahnya dua lembaga tersebut menambah kerjasama Vokasi UI dengan mitra industri untuk program magang bersertifikat. Sebelumnya setidaknya dengan 50 mitra industri, baik itu perusahaan swasta, BUMN maupun Pemerintah.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here