More

    Mengenal Antropologi Kampus Dalam Berorganisasi

    Penulis : Agsta Aris Afifudin

    Apa sih tujuan utamamu saat menginjakkan kaki di Perguruan Tinggi? Apalagi kalau bukan kuliah, menimba ilmu sebaik-baiknya, dapat IPK bagus, lalu lulus tepat waktu dan jadi sarjana. Ya, itu sudah menjadi alasan utama yang nggak perlu kita cari-cari lagi saat kita memutusakan untuk kuliah di Perguruan Tinggi.

    Tapi masa iya sih diberi kesempatan berkuliah hanya untuk menimba ilmu saja? Coba deh kita pikir-pikir lagi, apa nggak rugi kalau selama bertahun-tahun cuma menghabiskan menuntut ilmu di dalam kelas sambil duduk manis mendengarkan dosen? Seharusnya kita bisa dapat ilmu dan pengalaman lebih dari itu lho!

    - Advertisement -

    Salah satunya mencoba mengeksplor dan bereksperimen diri sendiri dengan mengikuti organisasi-organisasi di kampus maupun diluar kampus. Kapan lagi kamu bisa mengaktualisasikan diri dan mengembangkan kemampuanmu dengan sebebas-bebasnya di masa-masa kuliah.

    Jika kalian bingung harus memulai dan mengikuti organisasi mana yang akan kalian ikuti pertama kalinya. Coba deh mulai bergabung organisasi dengan apa yang kamu sukai diri sendiri karena hobi itu akan memberikan banyak kesempatan bertemu dengan banyak orang yang menginspirasi.

    Namun bagaimana jika ingin ikut organisasi di dalam kampus dan di luar kampus sekaligus? Nah cocok banget tuh kalau kamu mempunyai hobi traveling, adventure, dan mencintai alam khususnya. Kamu bisa ikut organisasi Mahasiswa Pencinta Alam karena di dalam organisasi itu kamu akan merasakan berada di tempat yang jauh dari keluarga dan orang tua. Kamu akan benar-benar dilatih untuk bisa survive sendiri di dalamnya.

    Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Bumiayu. Foto : Dok Pribadi Penulis.

    Seperti salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang selanjutnya disebut UKM (organisasi) Mahapala Bumi Universitas Peradaban Bumiayu. Tahun ini akan dibuka Open Requitmen untuk mahasiswa-mahasiswi yang berminat maupun yang mencintai dan menyukai traveling-adventure. Khususnya bagi mahasiswa baru ataupun yang belum berminat berorganisasi.

    UKM Mahapala Bumi akan menjadi salah satu organisasi yang nantinya mengunggah minat dan bakat kalian sebelum bergelut dan belajar di dunia organisasi. Bahwasanya akan ada banyak alasan kenapa kamu harus gabung dengan komunitas pencinta alam. Diantaranya, melatih hidup mandiri, kalian akan banyak mengetahui berbagai karakter dan sifat dari masing-masing individu yang ada di dalamnya, untuk dijadikan sebagai pelajaran hidup serta instropeksi untuk perbaikan diri.

    Kemudian melahirkan sifat cinta terhadap alam, ketika sudah merasakan berpetualang, ada sebuah keinginan untuk kamu kembali ke tempat ini, atau merekomendasikannya kepada kerabat. Menghasilkan karya berupa fotografi, karya tulis, ataupun lukisan dari pengalaman perjalanan yang telah dilakukan. Setelah itu kalian merasa terpanggil untuk menjaga alam, minimal tidak membuang sampah sembarangan. Sikap ini tidak hanya bermanfaat untuk alam dan kita sendiri, tetapi juga orang lain yang turut serta menikmati keasriannya.

    Penulis merekomendasikan salah satu organisasi di sini bertujuan untuk memotivasi bagi mahasiswa yang bukan berasal dari latar belakang aktivis yang terbiasa dilatih dengan dinamika-dinamika kampus, tapi sebagian besar mahasiswa masih dilabeli mahasiswa kupu-kupu yang ditujukan kepada mahasiswa kuliah pulang-kuliah pulang, karena orientasi mereka sepertinya sama sekali tidak mementingkan adanya organisasi.

    Terjun ke dalam organisasi merupakan bagian vital untuk bergabung pada awal-awal perkuliahan, dimana mereka bisa mengasah kualitas masing-masing individu dan ketahap selanjutnya dengan mengikuti organisasi yang mempunyai potensi besar untuk mengembangkan bakat dan minatnya.

    *Penulis adalah mahasiswa Universitas Peradaban

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here