More

    KPID Jabar Batasi Penayangan Lagu “Zayn Malik” Hingga “Maroon 5”

    Ilustrasi /potongan video clip “Dusk Till Dawn” yang dipopulerkan Zayn Malik. Sumber Youtube

    BANDUNG, KabarKampus – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Jawa Barat (KPID Jabar) membatasi lagu-lagu berbahasa Inggris atau barat muncul di televisi wilayah Jabar. Lagu-lagu tersebut dilarang penayangannya baik dalam bentuk  video klip atau sejenisnya.

    Ada sebanyak 17 lagu yang dibatasi KPI Jabar. Lagu-lagu tersebut hanya dapat diputar  pada pukul 22.00 WIB hingga 03.00 WIB.

    “Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Jawa Barat menetapkan bahwa lagu-lagu berbahasa Inggris yang sebagaimana terlampir di Surat Edaran ini, baik dalam bentuk video klip dan/atau sejenisnya hanya dapat disiarkan atau ditayangkan pada lembaga penyiaran yang ada di wilayah layanan Jawa Barat dalam klasifikasi waktu dewasa mulai pukul 22.00 WIB sampai pukul 03.00 WIB,” tulis Dedeh Fardiah, Ketua KPID Jawa Barat dalam surat edarannya, Senin kemarin, (18/02/2019).

    - Advertisement -

    Dalam surat surat edaran tersebut, keputusan pembatasan siaran merupakan hasil Rapat Dengar para Ahli (RPDA) KPID Jabar pada 11 Febuari 2019. Selain itu juga merupakan hasil Rapat Pleno KPID Jabar pada tanggal yang sama.

    Ada sejumlah dasar atau alasan pembatasan lagu-lagu bahasa Inggris tersebut. Salah satunya adalah lagu-lagu tersebut dianggap melanggar pasal 20 ayat 1 dan ayat 2, Peraturan KPI No. (02/P/KPI/03/2012) tentang Standar Program Siaran.

    Dalam pasal tersebut disebutkan, program siaran dilarang berisi lagu atau video klip yang menampilkan judul atau lirik bermuatan seks, cabul, atau mengesankan aktivitas seks. Kemudian juga program siaran yang bermuatan musik dilarang bermuatan adegan atau lirik yang dapat dipadang menjadikan perempuan sebagai objek seks.

    Sebanyak 17 lagu tersebut yakni, “Dusk Till Dawn dan Let Me” dari Zay Malik, “Sangria Wine” dari Camila Cabello ft Pharrell W, “Mr Brightside” dari The Killer, “Love Me Harder” dari Ariana Grande, “Plot Twist” dari Marc E Bassy, “Shape Of You” dari Ed Sheeran, “Overdose” dari Chris Brown ft Agnez Mo, dan “Make Me Wonder” dari Maroon 5.  Kemudian “That’s What I Like dan Versace On The Floor” dari Bruno Mars, “Bad Things” dari Camila Cabello ft Machine, “Midsummer Madness” dari 88Rising, “Wild Thoughts” dari DJ Khaled ft Rihanna, “Till it Hurt” dari Yellow Claw, dan “Your Song” dari Rita Ora.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here