More

    UGM Kembali Raih Predikat Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi 4ICU

    Gedung UGM

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Setelah meraih predikat perguruan tinggi terbaik versi Webometrics, pada perangkingan Perguruan Tinggi terbaik versi  4 International Colleges & Universities (4ICU) tahun 2019, Universitas Gadjah Mada (UGM) juga meraih hal serupa. Dalam rilis yang dikeluarkan 4ICU awal bulan Febuari ini menempatkan UGM pada posisi pertama sebagai Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia.

    Selanjutnya disusul oleh Universitas Brawijaya pada posisi kedua dan Universitas Indonesia pada posisi ketiga.

    Widyawan, ST., M.Sc., Ph.D., Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) mengatakan, peringkat yang diperoleh menunjukkan popularitas UGM yang dilihat dari banyaknya jumlah kunjungan ke website UGM. Selain itu, juga jumlah akses dari luar ke berbagai situs di bawah domain ugm.ac.id.

    - Advertisement -

    Daily page view ke seluruh domain ugm.ac.id mencapai angka 1,1 juta setiap harinya. Sedangkan daily visitornya 360 ribu  per hari,” katanya Rabu, (13/02/2019).

    Widyawan menjelaskan, popularitas  tersebut, tidak semata-mata karena website dikembangkan dengan tampilan menarik dan navigasi yang memudahkan pengunjung. Namun, juga didukung dengan konten dan informasi yang ditampikan secara berkualitas dan relevan, serta bermanfaat.

    Selain itu, ditambah dengan dukungan infrastruktur yang memadai sehingga respons di website UGM bisa berjalan cepat. Hal ini dilakukan dengan terus meningkatkan kapasitas bandwith dari waktu ke waktu. Pada tahun 2013 kapasitas bandwith yang disediakan di angka 250 mega byte dan terus ditambah hingga saat ini menjadi 6 giga byte.

    Tak hanya itu, mereka juga didukung infrastruktur teknologi informasi yang baik. Selain itu juga bandwith yang besar, sehingga mempermudah masyarakat umum untuk mengakses berbagai konten digital di UGM. Mereka juga memperkaya konten berbahasa Inggris, dan melakukan standarisasi web internal UGM dari sisi konten dan navigasi guna memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi di dalamnya.

    “Ke depan kita akan terus memperbanyak infrastruktur TI, bandwith, serta memperbaiki data center supaya akses masyarakat ke website UGM semakin mudah,” tuturnya.[]

     

    4ICU uniRank merupakan sebuah situs direktori pendidikan tinggi internasional yang memberikan ulasan dan peringkat popularitas perguruan tinggi dunia berdasarkan keterkenalan website yang dimiliki. Penilaian dilakukan pada lebih dari 13.000 perguruan tinggi di 200 negara.

    Pada pemeringkatan 4ICU ini pemeringkatan dilakukan berdasarkan pada alogaritma dari lima web metrics berbeda dari empat mesin pencari independen, yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank,  Majestic Referring Domains, serta Majestic Trust Flow.

     

     

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here