More

    Astronom Tangkap Foto Lubang Hitam Pertama di Luar Angkasa

    BANDUNG, KabarKampus – Bila biasanya, foto lubang hitam hanya sekedar ilustrasi dan teori, namun kali lubang hitam Supermasif yang ada di pusat galaksi berhasil ditangkap kamera. Gambar ini adalah yang pertama dalam ovservasi lubang hitam di dunia.

    Gambar Lubang hitam ditangkap oleh jejaring teleskop radio yang bernama Event Horizon Telescope. Mereka menggunakan 8 teleskop dan tersebar mencakup dua hemisfer Bumi, sehingga membuat para astronom mampu memotret pusat galaksi dengan resolusi sangat tinggi dan yang memungkinkan para astronom untuk memotret lubang hitam secara langsung.

    - Advertisement -

    Foto yang berhasil ditangkap menunjukkan adanya bentuk cincin terang yang disebabkan oleh kekuatan daya tarik luar biasa dari lubang hitam pada materi di sekitarnya. Lubang ini dikelilingi sebentuk cakram gas berputar, yang sangat panas dan memancarkan gelombang radio terang saat berakselerasi menuju lubang hitam.

    Teori relativitas umum dari Albert Einstein merupakan yang pertama meramalkan keberadaan lubang hitam. Einstein dalam teorinya ini juga memperkirakan lubang hitam akan membelokkan jalinan ruang-waktu dan melengkungkan jalur cahaya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here