More

    Mahasiswa Vokasi UI Latih UMKM Depok “Pencatatan Keuangan” Profesional

    Mahasiswa Akutansi Vokasi UI mendorong UMKM di kawasan Depok naik kelas lewat pencatatan keuangan yang baik. Dok. Istimewa

    DEPOK, KabarKampus –  Mahasiswa Program Studi Akutansi Vokasi Universitas Indonesia menggelar program “UMKM Naik Kelas” di kawasan Kota Depok. Dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat ini mereka memberikan pembelajaran guna mendukung pencatatan keuangan ke tingkat pengelolaan yang lebih profesional.

    Program “UMKM Naik Kelas” melibatkan mahasiswa semester empat didampingi Dosen dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) itu sendiri. Dalam program ini mereka membantu para pengusaha UMKM menghasilkan Laporan Keuangan, Laporan Perpajakan, Laporan Harga Pokok Penjualan dan Anggaran, Evaluasi Proses Bisnis dan membangun database sederhana untuk UMKM.

    UMKM Naik Kelas dilaksanakan setiap semester sejak tahun 2018 sebagai bagian dari kurikulum yaitu sebanyak 15 SKS untuk berbagai jenis UMKM mulai dari usaha makanan, kerajinan maupun jasa.

    Andhita Yukihana Rahmayanti, SE., Ak., M.Si., CA., CPA,. Kepala Laboratorium Akuntansi Program Pendidikan Vokasi UI  menuturkan, mereka menjalin kerja sama dengan Komunitas Asosiasi Industri Kreatif Depok (AIKD) dalam memilah industri yang akan dibina pada semester ini. Beberapa UMKM yang dibina antara lain : Uniq Kids Klinik Tumbuh Kembang, Boombaso, Miekanghen, Salzi Bakery, Dwajie Coffee, Kopi Ini dan Fulcaff.

    - Advertisement -

    “Selain itu, kami juga bermitra dengan KPP Pratama Depok Sawangan untuk menyukseskan program Business Development Serviceyang telah dilaunching pada 11 Februari 2019 lalu,” terangnya.

    Pengabdian Masyarakat tahun 2019 telah berlangsung sejak Februari hingga Mei 2019. Total sejak tahun lalu, maka sudah 40 UMKM mereka bina.

    “Program ini diharapkan dapat membantu UMKM lebih profesional dalam pengelolaannya serta menjadi praktek nyata bagi mahasiswa di dalam proses pencatatan keuangan UMKM,” jelas Yuki.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here