More

    Umroh di Masa Tenang, Presiden “Bawa Pulang” Tambahan 10 Ribu Kuota Haji

    Jokowi bertemu Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud di Istana Pribadi di Riyadh. Dok. FB Jokowi

    JAKARTA, KabarKampus – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga baru selesai menjalani ibadah umroh. Di Arab Saudi itu juga Jokowi mengajukan permohonan penambahan kuota jemaah haji Indonesia kepada Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud.

    “Kepada sang penjaga dua kota suci, saya menyampaikan apresiasi dari masyarakat Indonesia atas diberikannya kuota tambahan kembali sebesar 10.000 bagi jamaah haji kita. Indonesia dan Arab Saudi juga akan terus meningkatkan kerja sama ekonomi, terutama di bidang energi dan pariwisata,” kata Jokowi di laman Facebooknya.

    Raja Salman sendiri juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kepemimpinan Indonesia dalam menjaga stabilitas kawasan dan dunia.

    - Advertisement -

    Saat ini, kuota jemaah haji Indonesia sebanyak 231.000. Jika Raja Salman mengabulkan permintaan Jokowi, maka total kuota jemaah haji Indonesia menjadi 250.000. “Permintaan kita kemarin 250.000 karena saya sampaikan calon-calon jemaah haji di Indonesia ini menunggu sampai 35 tahun, 40 tahun,” jelas Jokowi.

    Setelah umroh, Jokowi siap menggunakan hak pilihnya degan mencoblos di TPS (Tempat Pemungtan Suara) Gambir, Jakarta, pada pemilu besok, Rabu (17/4). Lokasi TPS tempat Jokowi sama persis ketika ia menggunakan hak pilihnya pada Pilgub DKI 2017 lalu. Sebab KTP Jokowi berdomisili di Jakarta meski kini tinggal di Istana Bogor.

    “Kalo nggak pagi-pagi, ya siang-siang,” ujar Jokowi ketika ditanya waktu kapan akan mencoblos. “(Setelah) nyoblos, ya tidur aja. Capek, istirahat,” sambung Jokowi.

    Sementara keluarga Jokowi akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 di TPS Kelurahan Manahan, Solo, Jawa Tengah. Keluarga Jokowi yang akan menggunakan hak pilihnya itu di sana antara lain, Sujiatmi Notomiharjo, Ibunda Jokowi, Kaesang Pangarep, Gibran Rakabuming Raka dan menantunya, Selvi Ananda.

    Sujiatmi tecatat dapat Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan nomor urut 130. Kemudian Gibran, Selvi dan Kaesang, masing-masing ada di urutan nomor 117, 118 dan 119.[RT]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here