More

    UTBK Kurangi Potensi Kecurangan

    Panitia SBMPTN Lokal 34 Bandung menggelar konferensi pers di Kampus ITB Bandung, Rabu, (18/04/2018). Foto. Fauzan

    JAKARTA, KabarKampus –  Sistem Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dianggap menguntungkan para calon mahasiswa. Sistem ini tak hanya memberikan transparansi, meningkatkan efisiensi mekanisme seleksi penerimaan calon mahasiswa dan juga meminimalisir potensi drop out, namun juga mampu memperkecil potensi kecurangan.

    Hal ini diungkapkan Indra Krishnamurti, Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) dalam keterangan persnya, Senin, (15/04/2019). Baginya dengan UTBK, sistem penerimaan di PTN  juga akan lebih mudah dan relatif terhindar dari kecurangan karena menggunakan sistem IT.

    “Seharusnya penerapan sistem ini akan membuat pelaksanaan UTBK lebih cepat dan mudah. Namun pemerintah harus memastikan infrastruktur IT-nya sudah siap di semua tempat pelaksanaan ujian. Satu hal lagi yang harus dipastikan adalah kesiapan sumber daya manusia yang mengawal jalannya ujian ini,” jelas Indra.

    - Advertisement -

    Selain itu, peserta ujian dapat mengulang ujian hingga dua kali. Hal ini memberikan mereka kesempatan untuk mendaftarkan diri di PTN / program studi tujuan dengan nilai yang lebih baik. Ini tentu membuka kesempatan yang lebih lebar bagi calon mahasiswa untuk bersaing dengan kemampuan terbaiknya.

    Melakukan ujian dengan metode paperless (berbasis komputer) seperti ini, lanjut Indra, akan mengurangi beban peserta ujian. Sistem ujian tertulis yang menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK) bisa jadi sebuah stressor bagi peserta ujian, karena aktivitas mengarsir lingkaran cukup menguras energi. Ditambah lagi, seringkali peserta merasa khawatir, apakah arsiran yang dibuat dapat terbaca komputer atau tidak. Hal ini tentu menambah beban peserta ujian. Sistempaperless ini tentunya akan lebih ramah lingkungan dengan menghemat kertas.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here