More

    Jelang Pengumuman Pemilu, Majelis Rektor PTN Ingatkan Agar Menjaga Persatuan

    Prof. Dr. Kadarsah Suryadi, DEA, Rektor ITB membaca pernyataan bersama Majelis Rektor PTN Se-Indonesia terkait kondisi Indonesia pasca Pemilu di Gedung Rektorat ITB, Sabtu, (18/05/2019). Dok. Istimewa

    BANDUNG, KabarKampus – Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) membuat pernyataan bersama terkait kondisi Indonesia pasca Pemilihan Umum 2019. Pernyataan bersama ini dibacakan Prof. Dr. Kadarsah Suryadi, DEA, Ketua MRPTNI yang juga Rektor ITB bersama perwakilan rektor Perguruan Tinggi lainnya di Gedung Rektorat Institut Teknologi Bandung (ITB), Sabtu, (18/05/2019).

    Dalam kesempatan tersebut, Majelis Rektor mengingatkan, seluruh tujuan luhur negara Indonesia tersebut hanya bisa diwujudkan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kuat dan utuh. Kemudian, kebangkitan Bangsa Indonesia untuk mewujudkan masa depan yang makmur, berkemajuan, berkeadilan, berdaulat dan bermartabat hanya dapat dicapai melalui terpeliharanya persatuan dan kesatuan bangsa yang dilandasi semangat persaudaraan diantara seluruh elemen Bangsa.

    Sehingga, segala bentuk perbedaan pendapat maupun sikap politik tetap dalam koridor Negara Hukum berdasarkan Pancasila dan Konstitusi Negara Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Selain itu rakyat Indonesia juga harus menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar.

    - Advertisement -

    “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan,” kata MRPTNI dalam pernyataannya.

    MRPTNI di ITB Bandung.

    Bagi MRPTNI, masa depan Bangsa Indonesia yang lebih makmur, berkemajuan, berkeadilan, berdaulat dan bermartabat hanya dapat diwujudkan melalui penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya. Hal tersebut adalah sebagai prasyarat bagi terwujudnya masa depan Bangsa Indonesia yang lebih baik tersebut hanya dapat diakselerasi dalam suasana kebangsaan yang penuh kerukunan dan kedamaian.

    “Oleh karena itu, kami Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia menghimbau seluruh elemen Bangsa Indonesia untuk senantiasa mengedepankan semangat persatuan dan kesatuan Bangsa, menghormati perjuangan serta pengorbanan jiwa raga para pahlawan bangsa dan menjunjung tinggi amanat para pahlawan bangsa yang telah
    mewujudkan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap MRPTNI.

    Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia beranggotakan sebanyak 87 anggota yang terdiri dari Rektor PTN Seluruh Indonesia. Termasuk di dalamnya Forum Politeknik Negeri. Dalam pernyataan bersama tersebut diikuti oleh sebanyak 26 orang yang diantaranya adalah perwakilan Rektor PTN di Indonesia.

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here