More

    Grup Vokal Vocademia UI Raih Emas di Polandia

    Tim Vocademia UI pada ajang Per Musicam ad Astra 7th International Copernicus Choir Festival and Competition 2019.(UI)

    DEPOK, KabarKampus – Grup Vokal Vocademia UI berhasil meraih Gold Medal level 4 pada ajang Per Musicam ad Astra 7th International Copernicus Choir Festival and Competition 2019. Festival paduan suara ini digelar di Torun, Polandia selama lima hari dari 29 Juni – 3 Juli 2019

    Grup Vokal Vocademia UI terdiri dari mahasiswa, dosen dan alumni Universitas Indonesia (UI). Acara yang mereka ikut merupakan festival Choral yang diselenggarakan oleh “Meeting Music” dari Jerman, dan diselenggarakan sebagai acara tahunan dimana kali ini adalah tahun ketujuh.

    Tim vokal yang dilatih oleh Mia Ismi Halida (FIB UI 2005) dan Ronald Wilson (FTUI 2004) ini bersaing dengan tim dari sejumlah negara seperti Polandia, Afrika Selatan, Malaysia, Filipina, Taipei, Lithuania, Latvia, dan Amerika Serikat. Medali emas ini merupakan medali emas ketiga Vocademia UI setelah berhasil Juara 1 Kategory Pop, Busan Choral Festival, Busan-Korea Selatan 2015, dan Juara 1 Kategory Pop, Canta Al Mar, Calella-Spanyol 2017.

    - Advertisement -

    Tim Vocademia UI mengikuti kategori Pop and Jazz dengan membawakan tiga buah lagu dalam festival yaitu Medley Side to Side(Ariana Grande) & I Know What You Did Last Summer (Shawn Mendes),Just the way i am (Charlie Puth) dan Writings on the wall (Sam Smith). Selain itu, mereka juga terlibat dalam Friendship Concert dengan membawakan lagu Lir Ilir serta dan dua buah lagu untuk Grand Prix yaitu Rather be (Clean Bandits) dan Bahagia (GAC).

    Mia, sang pelatih menjelaskan, kunci utama kemenangan Vocademia UI adalah karena sejak awal penampilannya, mereka selalu mengutamakan tiga komponen, yaitu Vokal, Koreografi dan Acting. Dengan format Vocal Ensamble, sehingga jumlah anggotanya lebih sedikit dibanding choir grup, dan memudahkan tim untuk lebih leluasa bergerak dan berekspresi mengungkapkan cerita dari lagu.

    “Vocademia juga memperlihatkan keragaman vokal individu Indonesia yang karakternya sangat pluralistik, serta aransemen yang menghibur, mengutamakan teknik tetapi tetap tidak terlalu berat untuk dinikmati penonton,” ungkapnya, Jumat, (12/07/2019).

    Selain itu, tambah Mia keberhasilan mereka juga tidak lepas juga dari dukungan UI baik moral dan teknis. Mulai dari masukan untuk pembuatan dan pendistribusian proposal, memberikan event-event untuk penggalangan dana kegiatan, serta tentunya memfasilitasi ruangan untuk latihan selama 8 bulan.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here