More

    ITB Anugrahkan Gelar Doktor Kehormatan Kepada Alumni Teknik Mesin “Bos” Triputra

    Peringatan 99 Tahun Perguruan Tinggi Teknik Indonesia di Aula Barat, ITB, Rabu, (03/07/2019). Dok. ITB

    BANDUNG, KabarKampus – Institut Teknologi Bandung  (ITB) memberikan gelar Doktor Honoris Causa kepada Ir. Theodore Permadi Rachmat atas kiprahnya merintis dan membangun industri manufaktur nasional. Penghargaan ini diberikan bertepatan dengan peringatan 99 Tahun Pendidikan Tekni Indonesia yang berlangsung di Aula Barat, ITB, Rabu, (03/07/2019).

    Ir Theodore Permadi merupakan alumni Teknik Mesin ITB tahun 1961. Saat ini ia menjabat sebagai Vice Chairman of PT Adaro Energy TBK., Presiden Director PT Triputra Investindo Arya, dan Anggota Komite Ekonomi Nasional.

    Prof. Dr. Andi Isra Mahyuddin, salah satu promotor mengatakan, Theodore telah dianggap berhasil mendirikan perusahaan berbasis teknologi yang memberi manfaat bagi masyarakat. Diantaranya adalah PT. United Tractors yang mampu menyerap 30.000 tenaga kerja.

    - Advertisement -

    Kemudian PT Astra Internasional TBK menyerap 220.000 tenaga kerja. Triputra Grup yang memiliki 140 perusahaan dengan serapan kerja sekitar 50.000 orang. Adaro Energy yang telah memberikan lapangan kerja bagi 11.000 orang.

    “Aktivitas berbagai perusahaan tersebut dalam bidang manufaktur otomotif, industry, agribisnis, pertambangan, dan industry jasa serta perniagaan secara langsung telah berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Prof Andi.

    Tak hanya itu, kepeduliannya terhadap bangsa kata Prof Andi juga ditunjukkan dengan Yayasan Kasih A&A Rachmat yang didirikannya tahun 1999. Yayasan ini telah memberi sebanyak 19.600 beasiswa untuk mahasiswa D3 dan S1, serta membangun 38 klinik yang telah melayani 1.400.000 pasien, serta donasi kepada 129 panti asuhan di seluruh Indonesia.

    Atas kontribusinya tersebut, ia dan tim promotor meyakini, Theodore telah menghasilkan karya nyata, pemikiran inovatif yang bermakna dan bermanfaat bagi perkembangan industry manufaktur, agri bisnis dan pertambangan. Selain itu ia juga telah menunjukkan menunjukkan kebajikan dan kearifan dalam pemanfaatan berbagai hasil karya dan kegiatan bagi perkembangan dan bangsa Indonesia, khususnya, dan kemanusiaan pada umumnya.

    “Oleh karena itu, tim promotor berkesimpulan dan berkeyakinan bahwa Sodara. Ir. Theodore Permadi telah memenuhu ketentuan Senat Akademik ITB untuk menerima gelar Doktor Honoris Causa,” terang Prof. Andi.

    Selain Prof Andi, tim promotor lainnya adalah Prof. Dr. Djoko Suharto, Prof Dr. Ida I Dewa Gede Raka, dan Prof. Dr. Muljo Widodo Kartidjo. Selain itu dalam peringatan 99 tahun PTTDI juga, ITB juga memberikan apresiasi kepada 28 penerima penghargaan baik individu atau kelompok atau organisasi melalui enam kategori penghargaan yaitu, Ganesa Prajamanggala Bakti Utama, Ganesa Widya Jasa Adiutama, Ganesa Widya Jasa Utama, Ganesa Wirya Jasa Adiutama, Ganesa Wirya Jasa Utama, dan Penghargaan ITB Press.

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here