More

    ITB Perguruan Tinggi Terbaik 2019 Versi Ristek Dikti

    Sumber : Ristek Dikti

    JAKARTA, KabarKampus – Institut Teknologi Bandung (ITB) meraih predikat sebagai Perguruan Tinggi terbaik tahun 2019 untuk kategori non vakasi. Pemeringkatan ini diberikan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi kepada Perguruan Tinggi di bawah naungan Ristek Dikti setiap tahunnya.

    Sementara itu untuk peringkat kedua dan ketiga diraih oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Kemudian disusul oleh Institut Teknologi Sepuluh Novemberi Surabaya (ITS) dan Universitas Indonesia (UI) pada urutan keempat dan kelima.

    Kreteria penilaian Perguruan Tinggi terbaik ini berdasarkan empat indikator yakni Input sebesar 15 persen, Proses 25 persen, Outpun 25 persen dan Outcome sebesar 35 persen. Untuk indikator Input, terdiri dari Dosen Berpendidikan S3, Dosen dalam jabatan Lektor Kepala dan Guru Besar, Rasio jumlah mahasiswa dan dosen, jumlah mahasiswa asing dan dosen asing.

    - Advertisement -

    Selanjutnya untuk kategori Proses terdiri dari Akreditasi Institusi BAN PT, Akreditasi Prodi, Pembelajaran Daring, Kerjasama Perguruan Tinggi, Kelengkapan Laporan PDDIKTI, dan laporan keungana. Untuk indikator Input jumlah artikel ilmiah, Kinerja penelitian, Kinerja Kemahasiswaan, Jumalh Prodi yang terintegrasi internasional. Terakhir adalah Outcome yang terdiri dari Kinerja Inovasi, Lulusan yang memperoleh pekerjaandalam waktu enam bulan, jumlah sitasi dan paten per dosen dan kinerja pengabdian masayarakat.

    Sementara itu untuk klasterisasi, Perguruan Tinggi vokasi terbaik diraih oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Bandung, dan Politeknik Negeri Malang. Kemudian urutan keempat dan kelima adalah Politeknik Negeri Semarang dan Politeknik Negeri Pertanian Payakumbuh.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here