More

    MOKAKU UPI 2019 Ajak Maba Jadi Cendekiawan di Era Mileneal

    Kegiatan MOKAKU UPI 2019. Dok. Istimewa

    BANDUNG, KabarKampus – Sebanyak Delapan ribu Mahasiswa Baru mengikuti Acara Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (MOKAKU) di Gedung Gynamsium Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Rabu, (28/08/2019). Kegiatan ini diikuti juga oleh lima kampus UPI daerah yakni  Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan Serang.

    MOKAKU UPI tahun 2019 mengusung tema “Cendekiawan UPI di Era Millenial”. Tema ini diangkat untuk memberikan stimulus kepada mahasiswa baru agar mahasiswa hari mampu bersaing dengan dunia luar di era milenial.

    Muhamad Aqso, Ketua Panitia MOKAKU UPI 2019 mengatakan, mahasiswa milenial adalah mahasiswa mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Mahasiswa hari ini berbeda dengan mahasiswa pada sepuluh tahun yang lalu.

    - Advertisement -

    “Masa sekarang harus dijadikan titik tolak iniasi pembinaan idealisme, menanamkan dan menguatkan rasa cinta tanah air, dengan membentuk karakter yang religius, mandiri, gotong-royong, berintegritas dan nasionalis,“ terangnya.

    Sementara itu, Rexzi Adi Prabowo, Presiden Mahasiswa Badan Eksekuif Mahasiswa Republik Mahasiswa UPI mengatakan, program ini dirancang dan dilaksanakan oleh pihak universitas dengan melibatkan seluruh civitas akademika UPI. Mulai dari Dosen, tenaga kependidikan, BEM REMA UPI dan mahasiswa baru terlibat dalam acara ini.

    “MOKAKU selama ini, lebih banyak membahas terkait sistem informasi pengelolaan perguruan tinggi baik akademik maupun non akademik, isu-isu nasional, kebangsaan, radikalisme, terorisme, penyalahgunaan narkoba, plagiarisme, korupsi, globalisasi, dan revolusi industri 4.0 merupakan persiapan mahasiswa baru akan menghadapi masalah itu sebagai Agent of Problem Solving and Agent of Change. “katanya.

    Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar ini berharap melalalui kegiatan ini, mahasiswa menumbuhkan daya pikir, daya nalar yang kreatif, dan daya kritis. Hal ini juga dapat mempermudah mengikuti perkuliahan di dalam kelas. “jelasnya.

    MOKAKU UPI 2019 berlangsung selama empat hari dari hari Selasa, 27 Agustus 2019 sampai Jumat, 30 Agustus 2019. Materi  yang diberikan yakni dari Wakil Gubernur Jawa Barat, para Wakil Rektor UPI, dan Presiden Grab Regional Jawa Barat. Hari kedua, akan diberikan materi tentang pengenalan jurusan masing-masing fakultas dan kampus daerah. Hari ketiga, pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa dan Organisasi Daerah yang berada di kampus daerah. Hari keempat, akan diisi dengan acara Penutupan dan Inagurasi.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here