More

    RSUI Buka Lab Jantung Canggih Untuk Umum

    Laboratorium Kateterisasi Jantung. Dok. UI

    DEPOK, KabarKampus – Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) secara resmi membuka Layanan Cath Lab atau Laboratorium Kateterisasi Jantung berteknologi tinggi. Fasilitas Cath Lab merupakan salah satu layanan unggulan dalam bidang Neuro Kardiovaskularini di RSUI.

    Cath Lab diresmikan langsung oleh langsung oleh Dr. dr. Julianto Witjaksono, Sp.OG (K)., MGO, Direktur RSUI di Auditorium Lantai 4 kampus UI Depok, Selasa, (13/08/2019). Diresmikan lab ini sekaligus menandakan dibukanya layanan Cath Lab bagi  masyakarat umum.

    Cath Lab atau Laboratorium Kateterisasi Jantung ini merupakan layanan tindakan medis diagnostik invasif menggunakan sinar X yang berfungsi untuk mendeteksi penyempitan atau sumbatan pembuluh darah jantung/ koroner. Selain untuk melihat kasus penyakit jantung dan pembuluh darah, Cath Lab juga digunakan dalam penanganan kasus penyakit saraf seperti stroke maupun kasus radiologi dan onkologi.

    - Advertisement -

    Keunggulan yang dimiliki Cath Lab RSUI ini mendukung para Dokter Spesialis Jantung untuk dapat mengetahui jenis tindakan yang sesuai bagi pasien. Teknologi ini mempermudah dokter untuk mengambil tindakan seperti pemasangan ring jantung, intervensi dengan balon atau tindakan operasi bypass.

    “Dengan dibukanya layanan Cath Lab di Rumah Sakit ini, masyarakat dapat merasakan manfaat dan keunggulan alat tersebut sebagai alat diagnostik sekaligus terapi pada kelainan jantung dan pembuluh darah,” Dr. dr. Julianto menuturkan,

    dr. Dian Zamroni, Sp.JP (K), Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RSUI menambahkan, dengan diluncurkannya layanan Cath Lab, RSUI berharap dapat mengoptimalkan pelayanan terbaik bagi pasien-pasien dengan kasus jantung. Selain itu, RSUI juga akan turut berperan serta dalam menekan angka kematian akibat penyakit jantung koroner yang menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia maupun di dunia.

    “RSUI siap menjadi rumah sakit layanan rujukan bagi jejaring FKTP dan rumah sakit lainnya di area Depok dan sekitarnya untuk berbagai kasus, terutama yang berkaitan dengan neuro kardiovaskular,” ungkapnya.

    Berikut Keunggulan Cath Lab RSUI 

    Bidang Jantung dan Pembuluh Darah
    1. Menggunakan sistem Clarity IQ yang merupakan versi tercanggih yang dapat menghasilkan image quality terbaik dengan menggunakan dosis radiasi paling rendah, sehingga aman bagi pasien.
    2. Menampilkan hasil  gambaran 3 dimensi pembuluh darah pada jantung dan dilengkapi fitur Expert Swing yang mampu memperlihatkan posisi jantung dan pembuluh darah dari berbagai arah secara detail. Fitur ini Dapat meminimalisir penggunaan kontras dan dosis radiasi, sehingga lebih nyaman bagi pasien.

    Bidang Serebral
    1. Memiliki 2 detektor (biplane) dengan ukuran 15 inchi sehingga akuisisi gambar secara bersamaan pada daerah kepala dapat dilakukan dengan sangat baik karena tidak terhalang bahu pasien sehingga waktu pengerjaan tindakan dan dosis radiasi dapat diminimalisir sehingga lebih aman bagi pasien
    2. Dapat digunakan untuk menilai berhasil atau tidaknya tindakan terapi coiling pada pasien dengan aneurisma. Fitur Aneurysm Flow mampu menampilkan aliran darah sebelum dan sesudah coilingaa
    3. Selain dilengkapi dengan fitur VasoCT yang memungkinkan untuk menampilkan gambar menyerupai CT-Scan di Cathlab, terdapat juga fitur MR/ CT Roadmap yang dapat memperlihatkan gambaran pembuluh darah dari CT/MRI sebelumnya.

    Bidang Onkologi
    Memiliki fitur Xperguide dam Emboguide yang dapat memudahkan penggunaan jarum biopsi serta menujukan gambaran feeding vessel pada tumor yang sangat bermanfaat pada terapi metode TransArterial Chemo Embolization (TACE).

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here