More

    Tugas Akhir Mahasiswi UPH Tembus Pasar Internasional

    Agnesia menujukkan menunjukkan tas karya tugas akhirnya yang berhasil tembus pasar internasional. Dok. Istimewa

    Mahasiswi Prodi Desain Produk Universitas Pelita Harapan (UPH) yang satu ini tidak main-main dalam membuat tugas akhir. Ia tak sekedar menjadikannya hanya sampai sebagai tugas kuliah dan mendapat nilai saja, namun juga berpeluang menembus pasar internasional.

    Mahasiswi tersebut adalah Agnesia Cahaya, mahasiswi Fakultas School of Design UPH. Ia merancang sebuah tas perempuan yang ramah lingkungan dan organik.

    Agnesia mengatakan, koleksi tas yang ia rancang adalah tas bentuk bulat yang sedang trend saat ini. Bahannya terbuat dari kain yang diwarnai dengan tanaman indigo dan tanaman nila yang biasa digunakan sebagai material rotan dan menjadi salah satu material yang dibanggakan Indonesia.

    - Advertisement -

    “Tas saya ini mempunyai tipe yang medium, yang microbag ukuran 15×20 cm, bucket bag yang sedang trend banget dengan ukuran 18×25 cm. Ini memang koleksi handbag. Tas ini punya unsur etnik dan moderen yang jadi satu,” ungkap Agnesia.

    Berbeda dari koleksi tas pada umumnya, koleksi tas Agnesia sangat unik karena mengkombinasikan bahan denim dengan rotan. Bahan denim yang digunakan pun bukan berasal dari pabrik, melainkan berasal dari white denim yang diwarnai dengan tanaman indigo sehingga warna denim dapat ditentukan sesuai dengan keinginan.

    Saat ini Agnesia mengaku, tas rancangannya juga tugas akhirnya di Prodi  Desain Produk UPH. ia memang menjadikan rancangannya bernilai bisnis, karena hal tersebut menjadi poin terpenting dalam penilaian tugas akhir para mahasiswa.

    Namun dari sana, telah berhasil menembus pasar Internasional karena telah dijual di Bali hingga Amerika Serikat. Terakhir, tugas akhir Agnesia ini hadir di pameran ajang kreativitas International Degree Design Exchange (INDDEX) yang digelar di Bintaro Jaya X-change, (01/08/2019) kemarin.

    Kegiatan INDDEX merupakan kegiatan yang digelar oleh Universitas Pembangunan Jaya dan UPH. Dalam kegiatan tersebut, mereka berkolaborasi dengan Universitas Teknolgi Mara dari cabang Malaka Malaysia, Universitas Teknolgi Mara dari cabang Shah Alam Malaysia, dan Universitas Teknolgi Mara dari cabang Sri Iskandar Perak Malaysia.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here