More

    Tularkan Hobi Baca di MRT Jakarta

    Penulis : Tim Media Kereadta

    Anies Baswedan, Gubernur Jakarta ikut serta dalam kampanye membaca di MRT, Jakarta, Minggu, (08/09/2019).

    JAKARTA, KabarKampus – Pada hari Minggu, 8 September 2019, ada pemandangan lain di kawasan Stasiun Bundaran HI. Ratusan relawan berpartisipasi dalam acara KeREADta, sebuah kegiatan kampanye membaca dengan tagline “Make Reading a Trend”.

    Para relawan diberangkatkan dari Stasiun Bundaran HI menuju Stasiun Lebak Bulus. Terbagi menjadi enam kelompok. Relawan kompak melakukan kampanye #AyoMembaca di dalam kereta MRT.

    - Advertisement -

    Masing-masing relawan membawa sebuah buku untuk dibaca, di tengah kerumunan para penumpang. Kegiatan ini sekaligus memperingati hari Aksara sedunia pada 8 September.

    Para relawan juga membawa beberapa buku anak-anak dan stiker #AyoMembaca untuk dibagikan dan dibaca penumpang MRT sebagai salah satu upaya menularkan minat baca. KeREADta berhasil hadir mendekatkan literasi kepada masyarakat dengan cara yang menyenangkan.

    “Anak saya belum pernah naik MRT, beruntung naik ketika ada acara ini. anak saya jadi bisa baca sekaligus belajar dengan buku yang diberikan”, ujar Bapak Heri, salah satu penumpang MRT.

    Diikuti Teman Disabilitas

    KeREADta, di tahun 2019 kali ini juga mengikutsertakan teman-teman disalibilitas dari Pandu Lisane. Hal ini pun menjadi suasana baru dalam kereadta 2019, ada rasa senang bagi para relawan karena dapat berbaur bersama serta belajar bagaimana bersikap dengan teman-teman tuli, daksa dan netra.

    “Ini pertama kalinya bagi kami Pandu Lisane ikut bergabung menjadi relawan dalam acara kereadta, kami mengupayakan pendidikan inklusifitas bagi semua, lewat kegiatan ini kami yang terdiri teman tuli, daksa dan netra ingin ikut berpastisipasi dalam meningkatkan literasi di Indonesia, kata Pandu Nuge, Founder Pandu Lisane.

    Dalam kegiatan ini, ada 10 teman tuli, 5 teman daksa dan 2 teman netra yang ikut menjadi relawan. Lewat acara ini, mereka memiliki kesempatan berliterasi dan juga mendapatkan akses fasilitas yang baik dan bagi non-disabilitas dapat berlajar berinteraksi dengan baik.

    Talkshow

    Selain kegiatan diikuti oleh sekitar 200 relawan yang membaca buku di MRT Jakarta, kegiatan ini juga dilanjutkan dengan Talkshow bertema “Make Reading a Trend”.

    Talkshow diisi oleh para pembicara yaitu Chiki Fauzi (Spokeperson Wardah), Muhammad Kamaluddin (Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta), Stefanni Bella (Penulis “Elegi Renjana”), dan Sophia Mega (Booktuber & Penulis “Loe Ngerti Siapa Gue”). Narasumber KeREADta yang hadir dalam acara ini adalah Muhammad Kamaluddin (Corporate Secretary PT. MRT Jakarta), Chiki Fauzi, Stefani Bella, Sophia Mega.

    Seluruh narasumber mengajak masyarakat untuk lebih menyukai kegiatan membaca dan mengajak masyarakat untuk menjadikan membaca sebagai gaya hidup. Para narasumber juga membagikan bagaimana cara agar membuat masyarakat lebih sadar akan membaca.

    “Pertama kita ini harus mempunyai mindset baru, ketika kita sadar kita membutuhkan apa, itu akan lebih mudah bagi kita untuk mencari buku yang memuat informasi yang ingin kita ketahui dan juga kita harus sering-sering menganggap buku itu tidak asing seperti halnya yang kita lakukan hari ini, kita bisa mendapatkan informasi dari berbagai buku” ujar Sophia Mega (Booktuber dan Penulis “Loe Ngerti Siapa Gue”.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here