More

    Jurnalis Indonesia Tertembak Pada Mata Saat Meliput Demontrasi di Honkong

    Sumber : Sichewdaily

    JAKARTA, KabarKampus – Veby Mega Indah, jurnalis Suara Hong Kong News terkena tembakan polisi pada bagian mata kanannya saat meliput unjuk rasa di kawasan Wanchai, Hong Kong pada (29/09/2019). Jurnalis kewarganegaraan Indonesia ini kemungkinan kehilangan salah satu alat penglihatannya akibat tembakan tersebut.

    Pihak pengacara yang ditunjuk Veby melalui Hong Kong Journalist Association, Michel Vidler menduga bahwa tembakan yang mengenai Veby sangat berbahaya dan berpotensi mematikan.  Kemungkinan Veby mengalami kerusakan penglihatan yang parah.

    “Berapa persen pastinya kerusakan permanen hanya bisa ditentukan setelah dioperasi,” ujarnya kepada wartawan di Hong Kong.

    - Advertisement -

    Padahal saat kejadian Veby Indah berdiri bersama kelompok jurnalis lainnya dengan menggunakan identitas PRESS yang terlihat jelas di helm pelindung kepala, rompi warna mencolok, dan kartu identitasnya. Berdasarkan data yang dihimpun oleh pihak kuasa hukum, proyektil yang ditembakkan berasal dari senapan gentel polisi yang berpeluru kaliber 12 gauge.

    Kecaman

    Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta mengecam keras aksi represif Kepolisian Hong Kong kepada jurnalis Suara Hong Kong News, Veby Indah. AJI juga mendesak Kepolisian Hong Kong mengadili pelaku penembakan terhadap Veby hingga ke pengadilan.

    “Kepolisian setempat harus bertanggung jawab atas cedera yang dialami Veby. Ini bukan hanya ancaman bagi Veby tetapi juga mengancam wartawan lokal dan internasional yang meliput aksi – aksi massa di Hong Kong”, ujar Asnil.

    Selain itu AJI juga meminta KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) melakukan pendampingan dan perlindungan kepada Veby Indah sebagai Warga Negara Indonesia. Termasuk menyampaikan keberatan kepada Kepolisian Hong Kong atas intimidasi yang terjadi pada Veby Indah.

    “Mendesak Kepolisian Hong Kong mengusut tuntas peristiwa kekerasan yang terjadi pada Veby Indah saat meliput aksi unjuk rasa,” tutup Asni.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here