More

    Pemilihan Ketua RT di Surabaya Manfaatkan Inovasi “E Voting” Karya Dosen Perbanas

    SURABAYA, KabarKampus – Warga Surabaya memanfaatkan teknologi Electronic Voting (E-Voting) dalam pemilihan Ketua RT (Rukun Tetangga). Bermodal handphone atau Android, setiap warga bisa menentukan Ketua RT pilihannya.

    Pemilihan Ketua RT tepatnya di lingkungan RT 04 RW 10 Kelurahan Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut Surabaya, Rabu malam, (23/10/2019). Pemilihan ini diikuti sebanyak 120 warga setempat. 

    Adalah Hariadi Yutanto, S.Kom., M.Kom., Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya yang mengembangkan aplikasi E-Voting tersebut. Sistem yang ia buat diklaim sebagai inovasi kekinian bagi warga Surabaya dalam mendidik masyarakat untuk berdemokrasi. Sistem E-Voting relatif canggih, efektif, aman, dan mudah diakses dengan android atau gagdet.

    - Advertisement -

    Hariadi Yutanto, S.Kom., M.Kom., selaku pengembang sistem E-Voting sekaligus warga RT 04 RW 10 mengaku cara ini memudahkan warga untuk menyuarakan aspirasinya dalam memilih Ketua RT. Pelaksanaannya, pemilih ditentukan berdasarkan pada jumlah blok rumah yang berpenghuni.

    “Sebenarnya ada 139 blok rumah, namun hanya 120 penghuni maka ditetapkanlah DPT-nya (Daftar Pemilih Tetap) sesuai yang blok rumah yang berpenghuni,” jelasnya.

    Sebelum pemilihan dilakukan, lanjut Hariadi, setiap pemilih diberi panduan tentang tata cara E-Voting. Caranya, setiap warga setempat diminta untuk mengakses laman website http://siwarga.gpaykp.info. Kemudian, warga bisa login dengan username nomor blok rumah dan password yang sudah dibagikan menjelang proses pemilihan.

    Setelah itu, warga bisa memilih salah satu dari calon Ketua RT yang sudah ditetapkan sebelumnya. “Hasilnya pun real-time dan langsung dilihat oleh warga saat pemilihan berlangsung,” urainya.

    Salah satu warga pemilih, Ratih Yustiani mengaku sistem pemilihan ini lebih cepat dan praktis. Menurutnya, dengan bermodal handphone atau Android, setiap warga bisa menentukan Ketua RT pilihannya. “Jadi sistemnya ini sangat membantu dalam proses memilih Ketua RT,” kesannya usai memilih lewat Handphone.

    Bertempat di halaman RT setempat, proses pemilihan pun dimulai dari pukul 19.30 WIB hingga ditutup pukul 21.00 WIB. Akhirnya, Ketua RT 04 RW 10 periode tahun 2019-2022 kembali dijabat oleh Syaifudin Zuhri dengan perolehan suara sebanyak 68 orang, sedangkan rivalnya hanya 16 suara.

    Dilihat dari antusiasme warga, pemilihan RT terbilang lebih banyak dari sebelumnya. Terbukti, 69,58% dari 120 DPT bersedia datang untuk menggunakan hak pilihnya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here