More

    Pemerintah Anugerahkan Enam Tokoh Sebagai Pahlawan Nasional

    JAKARTA, KabarKampus – Pemerintah menganugerahkan sebanyak enam orang tokoh gelar Pahlawan Nasional. Mereka adalah Ruhana Kuddus, Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi, Prof. Dr. M. Sardjito, Prof. KH. Abdul Kahar Mudzakkir, DR (HC) MR. A.A Maramis, dan KH. Masjkur.

    Penganugerahanan ini diberikan atas usulan Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan dan telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo. Keenam tokoh tersebut dianggap memberikan sumbangsihnya bagi kemajuan bangsa Indonesia, baik di masa sebelum kemerdekaan maupun sesudah kemerdekaan.

    Sebelumnya, Juliari P. Batubara, Menteri Sosial telah telah menyampaikan 20 nama yang diusulkan kepada Presiden melalui Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan. Selanjutnya penetapan menjadi kewenangan Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, dan atas persetujuan Presiden Joko Widodo, dalam menetapkan nama-nama Pahlawan Nasional.

    Perjuangan UGM

    - Advertisement -

    Salah satu yang dianugerahi gelar pahlawan adalah Prof. Dr. M. Sardjito, MPH, Rektor pertama UGM. Sebelumnya UGM telah memperjuangkan Sardjito sebagai Pahlawan Nasional sejak 9 tahun silam.

    “Tahun 2011 tim mulai dan Juli 2012 sudah ada surat pengusulan,”papar salah satu anggota tim pengusul, Prof. Dr. dr. Sutaryo, Sp.A (K).

    Menurut Sutaryo, Sardjito merupakan sosok ilmuwan pejuang sekaligus pejuang ilmuwan. Sardjito fokus dan aktif waktu itu di bidang pendidikan seperti di Budi Utomo. Sardjito juga sebagai peletak Pancasila sebagai dasar perguruan tinggi di Indonesia. Ia juga dikenal sebagai pendiri PMI dan banyak meneliti obat-obatan bagi rakyat maupun pejuang kemerdekaan.

    “Ya sarjana komplet. Aktif di sosial, budaya, perdamaian dan seni rupa juga,”katanya.

    Anugerah ini juga disambut bahagia pihak keluarga almarhum Sardjito. Budhi Santoso, salah satu keluarga Sardjito, merasa bahagia dengan anugerah tersebut. Mewakili keluarga Budhi mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang telah berusaha secara maksimal memperjuangkan Sardjito sebagai Pahlawan Nasional.

    “Ini anugerah istimewa bagi keluarga. Atas nama keluarga kami mengucapkan terima kasih kepada tim yang telah memperjuangkan pemberian gelar tersebut,”kata Budhi.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here