More

    Soemardja Book Fair 2019 Kembali Digelar

    Ilustrasi.

    BANDUNG, KabarKampus – Galeri Soemardja ITB mempersembahkan Soemardja Book Fair 2019. Kegiatan yang digelar atas kerjasama dengan Galeri Soemardja ITB, Sarekat Buku Bandung, dan Biblio Forum ini bakal berlangsung dari tanggal 4-8 November 2019 di Galeri Soemadja, Kampus ITB Bandung.

    Tahun ini, terdapat 15 pelapak buku yang akan menggelar dagangannya dengan suguhan judul-judul buku yang bervariatif. Selain itu, SBF 2019 juga mengundang puluhan orang dari unsur penulis, pegiat komunitas, penerbit, dan akademisi untuk menjadi pembicara dalam diskusi dan lokakarya yang digelar.

    Taufik Ramadhan Barli, Koordinator Acara SBF 2019 menjelaskan, tujuan kegiatan ini sosok Syafe’I Soemardja yang merupakan Ketua Pelaksana Pendirian ITB dan Galeri Soemardja berdiri atas namanya, juga merupakan wujud peran Galeri Soemardja dalam memajukan dunia perbukuan. Selain itu dalam kegiatan di tahun ketiga ini, mereka ingin mempertahankan konsistensinya menjadi ruang temu antara pelapak buku, penulis, komunitas, dan masyarakat umum.

    - Advertisement -

    “Ketiga, SBF kami harapkan menjadi alternatif bursa buku di Kota Bandung. Meskipun kegiatan ini digelar di dalam kampus, kegiatan ini terbuka untuk umum,” terang Taufik dalam siaran persnya.

    Pada gelaran tahun ketiga, Soemardja Book Fair mengusung tema “Potensi Literasi di Era 4.0”. Tema ini sangat relevan dengan kondisi hari ini, zaman revolusi industri dan segala perubahan yang menyertainya akan memberi dampak pada berbagai sektor kehidupan, termasuk sektor literasi.

    Taufik mengungkapkan, generasi baru saat ini di mana teknologi sudah dikenal pada usia yang sangat muda, memunculkan tantangan sendiri. Bagi para penulis, tindak plagiasi yang dilakukan oleh oknum, makin sering ditemui. Bagi para penerbit, perkara pembajakan buku lewat menyebarnya ebook digital dan cetak, membuat mereka rugi.

    “Apalagi belum ada penindakan serius pada kasus tersebut hingga saat ini. Fenomena tersebut akan menjadi kami angkat dalam rangkaian diskusi,” terangnya.

    Berikut peserta dan susunan acara GBF 2019 :

    Teras Buku, Lawang Buku, Katarsis Books, Akasa Book Store, Delunapetite Shop, Toco.buruan.co,. JBA, Bintoro Barokah, Hellorwell, Bukunesia, Rasia Bandoeng, Kentrja Press, Katalis Books, James Books, Petra Books.

    Susunan Acara :

    Senin, 4 November 2019

    Pkl.13.00-15.00 Pembukaan

    Pkl. 15.30-17.30 Bedah Buku “Googling Gutenberg” bersama Atep Kurnia (penulis). Moderator: Nurul Maria Sisilia (Pegiat FLP Kabupaten Bandung).

    Selasa, 5 November 2019

    Pkl. 10.00-12.00 Diskusi Bincang Karya Komunitas bersama Aksara Salman ITB dan FLP Kota Bandung. Moderator: Ahda Jaudah (Founder Asoli.id).

    Pkl. 13.00-15.00 Diskusi Strategi Pemasaran Buku di Era Digital bersama TriatniRetno (penulis) dan Mizan Store. Moderator: Agi Eka

    Pkl. 15.30-17.30 Diskusi Menyoal Kembali Pembajakan Buku bersama Ariel

    Seraphino (Pegiat Klub Baca Bandung) dan Benny Ramdhani (CEO Penerbit Pastell Books). Moderator: Taufik Ramadhan Barli (Pegiat Komunitas Biblio Forum)

    Rabu, 6 November 2019

    Pkl. 10.00-12.00 Diskusi Kiat Menulis Novel Remaja bersama Ari Nilandari (penulis)

    Pkl. 13.00-15.00 Bedah Buku “Toponimi” bersama T. Bahctiar (penulis buku) dan pegiat Rumah Baca Buku Sunda. Moderator: Fajar Nugraha (Pegiat Komunitas Ruang Hidup)

    Pkl. 15.30-17.30 Lokakarya Bookstagram bersama Komunitas Bookstagram Bandung.

    Kamis, 7 November 2019

    Pkl. 10.00-12.00 Diskusi Dinamika Literasi Kampus bersama ASAS UPI dan ITENAS Book Club.

    Pkl. 13.00-15.00 Lokakarya Penulisan Puisi oleh Rendy Jean Satria (sastrawan muda)

    Pkl. 15.30-17.30 Diskusi Rahasia Menulis Karya Bestseller di Platform Digital bersama Jia Effendie (Editor Senior Storial.co)

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here