More
    Home RUPA FOTO Merayakan 70 Tahun Lahirnya Lambang Negara "Garuda Elang Rajawali"

    Merayakan 70 Tahun Lahirnya Lambang Negara “Garuda Elang Rajawali”

    BANDUNG, KabarKampus – Tanggal 11 Febuari adalah momen penting bagi Indonesia. Karena pada tanggal tersebut, lambang negara Indonesia Garuda Pancasila resmi dilahirkan sebagai lambang negara Republik Indonesia.

    Untuk memperingati moment tersebut, lebih dari 10 aktivis Geostrategy Club (GSC) berkumpul di halaman Kaka Kafe, Jalan Sultan Tirtayasa, Bandung, Selasa malam (11/2/2020). Mereka memperingati Hari Lahir Lambang Negara: Elang Rajawali Garuda Pancasila yang ke-70.

    Kegiatan ini dibuka dengan lagu Indonesia Raya. Kemudian diisi dengan pembacaan surat dari Sultan Hamid II atau Syarif Abdul Hamid Alkadrie yang merupakan perancang lambang negara.

    Dalam surat tersebut dinyatakan, lambang negara hasil rancangan Sultan Hamid II ditetapkan parlemen Republik Indonesia Serikat (RIS) bersama pemerintah yang dipimpin Perdana Menteri RIS Mohammad Hatta sebagai Lambang Negara RIS pada 11 Februari 70 tahun lalu (1950). Menurut Sultan Hamid II, selama lima tahun di awal kemerdekaannya Indonesia belum memiliki lambang negara. Karena itu dia ditugaskan Presiden Sukarno untuk membikin lambang negara.

    Peringatan ini dikemas dengan lilin-lilin yang menyala dan bertebaran di atas meja. Ditambah dengan sebuah spanduk membentang bertuliskan “Geostrategy Club Memahami Dunia Merawat Indonesia”.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here