More

    Pengunjung ke Gedung Rektorat Unpad Diperiksa Suhu Tubuh

     Antisipasi Covid-19 di Unpad. (Dok. Unpad)

    BANDUNG, KabarKampus – Berbagai upaya untuk menghalau masuknya virus korona Covid-19 terus dilakukan, termasuk oleh institusi pendidikan seperti Universitas Padjadjaran (Unpad). Di kampus ini, pengunjung yang mengunjungi Gedung Rektorat Unpad Jatinangor mendapat pemeriksaan suhu tubuh dan sosialisasi antisipasi Covid-19.

    Pemeriksaan suhu tubuh pengunjung dan sosialisasi Covid-19 dilakukan Tim Medis Asy Syifaa Fakultas Kedokteran (FK) Unpad mulai Kamis (12/3/2020). Rencananya, progam antisipasi ini akan terus dilanjutkan pada hari-hari berikutnya sebagai langkah pencegahan wabah penyakit saluran pernapasan tersebut.

    “Rencananya (program antisipasi) akan berlangsung terus, blum ditentukan sampai kapan,” kata Dandi Supriadi, Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad, saat dihubungi KabarKampus, Jumat (13/3/2020).

    - Advertisement -

    Selain itu, Unpad juga terus membahas langkah-langkah pencegahan Covid-19 khususnya di lingkungan Unpad. “Hari ini ada pertemuan dengan Rektor membahas itu, ada kemungkinan bakal ada penjadwalan lain,” sambung Dandi.

    Ketua Tim Medis Asy Syifa, Falah, menjelaskan antisipasi Covid-19 meliputi sosialisasi kepada para pengunjung Gedung Rektorat, pemeriksaan suhu tubuh dengan termometer inframerah, penggunaan hand sanitizer, sosialisasi gerakan mencuci tangan yang benar dan penyampaian informasi mengenai COVID -19.

    “Kami melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada pengunjung yang memasuki lobi rektorat. Bila suhu tubuhnya normal akan diberi penjelasan tentang cara mencuci tangan yang benar dan pencegahan penyebaran COVID-19,” ujar Falah.

    Bagi pengunjung yang suhu tubuhnya tinggi diatas 38,5⁰C, kata Falah, akan dirujuk untuk melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan untuk penanganan lebih lanjut dan tidak disarankan untuk melanjutkan aktivitas di dalam kampus, diminta membatasi interaksi dengan orang sekitarnya dan diberi masker.

    “Kami berharap dengan sosialisasi ini akan meningkatkan kepedulian dan kewaspadaan kita semua, sehingga akan mengurangi penyebaran virus ini,” lanjutnya.

    Dengan semakin merebaknya penyebaran COVID-19 ini, Unpad berharap seluruh pihak dapat bersikap waspada dan meningkatkan kebiasaan hidup sehat.

    Selain sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran tersebut, Unpad juga telah menyediakan hand sanitizer di berbagai tempat di lingkungan kampus baik rektorat maupun fakultas, penyebaran media sosialisasi baik melalui media luar ruang seperti baligo, banner, poster di berbagai tempat dan e-poster melalui media sosial dan grup percakapan (WhatsApp Group dan Line Group).

    Upaya tersebut juga dilakukan untuk memperkuat imbauan dari Rektor terkait kesiapsiagaan menghadapi infeksi COVID-19 di lingkungan Universitas Padjadjaran.

    Bagi fakultas atau unit kerja lainnya di lingkungan Universitas Padjadjaran yang ingin mendapat penjelasan atau sosialisasi lebih lanjut mengenai COVID-19 di unit kerjanya, dapat menghubungi Dandi Supriadi, M.A. (SUT) (Kantor Komunikasi Publik) dan Ronny, dr., M.Kes., AIFO, Ph.D (Kantor Internasional) di Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here