More

    Mahasiswa dan Dosen UGM Dapat Kuota Internet 50 – 200 Ribu

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Universitas Gadjah Mada (UGM) memberikan subsidi kuota internet atau paket data baik kepada mahasiswa maupun kepada dosen. Subsidi tersebut merupakan upaya mendukung pembelajaran daring bagi civitas akademik alias Works from Home atau Study from Home.

    Untuk mahasiswa, UGM memberikan subsidi kuota internet kepada masing-masing mahasiswa dengan besaran minimal 50 Ribu dan Maksimal 150 Ribu per mahasiswa setiap bulannya. Kemudian untuk dosen atau tendik berkisar antara 100 Ribu sampai dengan 200 Ribu setiap bulan selama pelaksanaan WfH/SfH.

    “Bantuan biaya komunikasi kepada sivitas akademik UGM ini sebagai bentuk dukungan selama WfH/SfH,” papar Dr. Supriyadi, M.Sc., Ak., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sistem Informasi, Selasa (07/04/2020).

    - Advertisement -

    Selain memberikan bantuan biaya komunikasi, UGM juga menjalin kerja sama dengan beberapa operator besar tanah air. Mereka adalah Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL.

    Seperti Telkomsel memberikan paket Ilmupedia sebesar 30 GB yang berlaku selama 30 hari sejak diaktifkan. Pake tersebut dapat digunakan untuk mengakses situs-situs pembelajaran daring yang disediakan Universitas Gadjah Mada, yaitu eLisa (https://elisa.ugm.ac.id) dan eLok (https://elok.ugm.ac.id).

    Kemudian Indosat Ooredoo memberikan paket data Belajar di Rumah sebesar 30 GB yang berlaku selama 30 hari sejak diaktifkan secara gratis. Paket data dari Indosat Ooredoo tersebut juga dapat digunakan untuk mengakses situs-situs pembelajaran yang disediakan Universitas Gadjah Mada.

    Paket-paket dari Telkomsel dan Indosat Ooredoo untuk mendukung WfH/SfH ini tersedia sampai dengan 30 April 2020. Selanjutnya, Telkomsel dan Indosat Ooredoo akan menyediakan paket data dengan harga diskon pada bulan Mei 2020.

    Selanjutnya XL memberikan kuota sebesar 2 GB per hari yang berlaku selama satu minggu sejak diaktifkan. Paket kuota tersebut juga dapat digunakan untuk mengakses fasilitas video conferencing Cisco Webex (https://ugm-spark.webex.com) dan Microsoft 365 (https://365.ugm.ac.id) untuk melakukan kolaborasi maupun pembelajaran secara daring. Paket data dari XL dengan kuota 2 GB per hari ini disediakan sampai tanggal 14 April 2020.

    Selain bekerja sama dengan operator-operator seluler, Universitas Gadjah Mada juga menyediakan fasilitas VPN (Virtual Private Network) kepada semua sivitas akademik untuk dapat mengakses sumber daya yang terletak di dalam jaringan Universitas Gadjah Mada. Fasilitas ini sangat penting terutama untuk memudahkan dalam mengakses dokumen-dokumen elektronik ataupun aplikasi-aplikasi yang hanya dapat dibuka di dalam jaringan Universitas Gadjah Mada tanpa harus berada di Universitas Gadjah Mada.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here