More

    Undip Siapkan Robot Untuk Prosesi Wisuda

    Ilustrasi : Gambar : Undip

    SEMARANG, KabarKampus – Universitas Diponegoro (Undip) mempersiapkan pemakaian robot dalam prosesi wisuda yang bakal dilaksanakan pada bulan Juli 2020 mendatang. Robot yang dipersiapkan tim Tobotic Undip ini untuk menggantikan atau mewakili wisudawan dalam prosesi pelantikan kelulusan tersebut.

    Prof Dr Yos Johan Utama SH MH, Rektor Undip mengatakan, Universitas mencoba mengembangkan model wisuda virtual yang lebih baik pada wisuda ke-159 pada Juli 2020. Salah satunya dengan memakai robot, sebagai salah satu alternatif dalam menyiasati kondisi pandemi yang masih terjadi.

    Rektor mengakui, prosesi wisuda secara fisik adalah sebuah momentum yang ideal dan dirindukan semua wisudawan beserta keluarganya. Itu karena, para mahasiswa tidak mudah berjuang menyelesaikan pendidikannya, sehingga wajar kalau ingin merayakan pencapaiannya dalam suatu seremoni akademik seperti yang biasanya dilakukan.

    - Advertisement -

    “Kami sangat memahami. Tapi sekali lagi keadaan tidak memungkinkan, sehingga Undip mencari alternatif yang bisa dilakukan untuk mengurangi kekecewaan para wisudawan dan keluarganya,” tutur Yos Johan seperti yang dirilis humas Undip, Kamis, (18/06/2020).

    Namun bagi Rektor, keselamatan dan kesehatan seluruh warga termasuk civitas akademica Undip harus menjadi pertimbangan utama. Karena itulah, wisuda secara virtual atau secara online masih harus dilakukan setidaknya sampai akhir tahun 2020 ini.

    Kreasi robot untuk mewakili wisudawan disiapkan dipersiapkan Tim Robotic Undip di Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUI PT) Teknologi Kesehatan Center for Bio Mechanics, Bio Material, Bio Mechatronics, and Bio Signal Processing (CBIOM3S). Lembaga ini diketuai oleh Dr Rifky Ismail ST MT.

    Menurut Rifki, teknologi robot yang disiapkan untuk mewakili wisudawan berinteraksi dengan Rektor dan Dekan dalam prosesi wisuda. Meskipun sederhana, kehadirannya menjadi berarti karena kondisi wabah corona yang ada sekarang.

    “Memang robot untuk prosesi wisuda sama saja dengan pembuatan robot lain. Bahkan tidak serumit robot untuk mengantar makanan dan obat-obatan bagi pasien yang infeksius seperti pasien Covid-19. Mudah-mudahan untuk wisuda Juli 2020 ini, robot tersebut bisa disiapkan dengan baik,” kata Rifky yang doktor lulusan Twente University Belanda ini,

    Saat ini Rifky terus mematangkan robot untuk prosesi wisuda ke-159 Undip. Prototipenya sudah jadi, namun untuk keakuratannya perlu dilakukan ujicoba beberapa kali.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here