More

    Masuk ITB Seleksi Mandiri Harus ada Rekening 100 Juta?

    Ilustrasi.

    BANDUNG, KabarKampus – Salah satu jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri, selain SBMPTN dan SNMPTN adalah melalui Seleksi Mandiri. Salah satu PTN yang membuka jalur ini adalah Institut Teknologi Bandung (ITB).

    Seleksi Mandiri ITB merupakan jalur seleksi alternatif bagi calon mahasiswa yang memiliki kualifikasi kompetensi dan potensi yang setara namun tidak diterima baik melalui SNMPTN maupun SBMPTN. Tapi konsekuensinya mahasiswa yang memilih jalur ini harus membayar lebih dan diwajibkan memiliki jaminan kemampuan keuangan.

    Disebutkan bahwa mahasiswa yang dinyatakan lulus Seleksi Mandiri (SB ITB) akan diminta untuk memberikan jaminan kemampuan keuangan milik ornag tua. Jumlah nominalnya minimum 100.000.000 rupiah. Salinan bukti tersebut harus diunggah peserta yang bersangkutan pada saat pelaksanaan pendaftaran mahasiswa baru.

    - Advertisement -

    Selain itu, di laman ITB juga menyebutkan, seluruh peserta Seleksi Mandiri ITB yang dinyatakan lulus di salah satu Fakultas, Sekolah dan Program Studi di ITB, wajib melunasi Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) atau Uang Kuliah Tunggal (UKT), serta iuran pengembangan institusi. Jumlahnya 2 kali UKT jalur SBMPTN.

    Untuk Fakultas Fakultas atau Sekolah selain SBM minimum 25.000.000 rupiah. Kemudian sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) minimum 40.000.000 rupiah. Pelunasan Iuran Pengembangan Institusi tersebut dilakukan hanya satu kali, pada saat pelaksanaan Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB 2020.

    Jadwal Pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) tahun 2020 dilaksanakan dari tanggal 1 – 23 Juli 2020. Untuk pelaksanaan Tes Kemampuan Seni Rupa secara online bagi peminat FSRD : 3 – 5 Agustus 2020.

    Terkait dana jaminan rekening Seleksi Mandiri ITB minimum 100 juta tersebut, KabarKampus sudah mencoba mengonfirmasi kepada pihak ITB. Namun hingga saat ini belum mendapat jawaban.

    Informasi resmi soal Seleksi Mandiri ITB, dapat kamu lihat di link berikut ini : https://usm.itb.ac.id/itb_versi1/sarjana/seleksi-mandiri#seleksi-mandiri-informasi-umum

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here