More

    UI Bentangkan Bendera Raksasa di Rektorat

    Pemasangan kain merah putih raksasa di gedung Rektorat UI.

    DEPOK, KabarKampus – Universitas Indonesia (UI) membentangkan bendera raksasa di Gedung Rektorat UI, Kampus, Depok, Minggu, (16/08/2020). Bendera atau kain tersebut berukuran 8 x 25 Meter dan di pasang di tengah rektorat yang memiliki tinggi 48 meter.

    Aksi ini dilakukan oleh delapan mahasiswa UI yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa MAPALA UI (Mahasiswa Pecinta Alam). Kegiatan yang dilakukan sebagai bagian dari ekspresi cinta sivitas akademika UI terhadap tanah air ini juga diikuti dengan pemasangan berbagai ornamen merah putih di seluruh area Kampus UI.

    Selain membentangkan ornamen merah putih raksasa di Gedung Rektorat UI di kampus UI Depok, UI juga mengibarkan bendera merah putih di angkasa Jakarta. Seluruh aksi yang dijalankan cukup menantang, namun dilakukan tim terjun payung yang berpengalaman dan telah tersertifikasi.

    - Advertisement -

    Salsabila Safira, Ketua Umum MAPALA UI 2020, yang juga mahasiswa Fakultas Hukum UI angkatan 2018, menuturkan, mereka sangat senang ketika mendapatkan kesempatan untuk dapat memasang ornamen merah putih raksasa di kampus. Karena setiap tahun, MAPALA UI selalu memanfaatkan momentum 17 Agustus untuk upacara dan mengibarkan bendera di berbagai tempat antimainstream.

    Diantaranya, kata Safira pada tahun 2019 kemarin, mereka mengibarkan bendera di Gua Grubug, Gunung Kidul dan Tebing Sumbing Gunung Kelud. Kemudian pada tahun 2018, mereka melakukan pengibaran bendera di udara di atas Pegunungan Arfak. Kemudian, pada tahun 2017, Mapala UI mengibarkan bendera di puncak Tebing Puruk Sandukui, Kalimantan Tengah dan Gua Hatusaka, Maluku.

    “Tahun ini, karena situasi pandemi, kami terpaksa untuk menunda bergiat di alam, sehingga saat memperoleh tawaran ini, kami sangat bersemangat dan mendukung sepenuhnya,” terang Safira yang telah lulus sertifikat dari HIKESPI (Himpunan Kegiatan Speleologi Indonesia)

    Safira mengaku, mereka telah berpengalaman melakukan ekspedisi ke gua vertikal di Indonesia. Ia sendiri telah menjelajahi Gua Grubug dengan ketinggian lebih kurang 90 meter.

    Safira mengingatkan kepada Tim MAPALA UI agar selalu mengutamakan keamanan. Mereka bukanlah adrenaline junkie, melainkan safety junkie.

    Selain membentangkan ornamen merah putih raksasa di Gedung Rektorat UI di kampus UI Depok, UI juga mengibarkan bendera merah putih di angkasa Jakarta. Seluruh aksi yang dijalankan cukup menantang, namun dilakukan tim terjun payung yang berpengalaman dan telah tersertifikasi.

    Peringatan HUT Ke-75 RI tahun ini memang terasa sangat berbeda di UI. Biasanya, segenap sivitas akademika UI menggelar upacara bendera dengan hikmat, namun kini hanya bisa memperingati di rumah masing-masing.

    UI berharap inisiasi ini mampu menjadi simbol semarak Hari Kemerdekaan RI di tengah pandemi COVID-19 agar selalu bersemangat, memiliki daya juang, namun tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here