More

    Geliat Sektor Pertanian di Kabupaten Lebak

    Penulis : Heri Lanadimulya

    Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Ekonomi Universitas Padjadjaran dan Aktivis Keluarga Mahasiswa Lebak

    Bagi sebagian masyarakat pedesaan di Kabupaten Lebak, sektor pertanian merupakan jantung utama kehidupan. Kabupaten Lebak memiliki lokasi strategis untuk memenuhi kebutuhan pasar di kota–kota besar sekitarnya, seperti kota serang, kota tangerang dan Ibu Kota Jakarta. Akan tetapi, potensi ini mengalami tantangan serius di masa depan, yaitu luas lahan pertanian semakin berkurang dengan banyaknya alih fungsi lahan menjadi bangunan pabrik, dan juga perumahan.

    - Advertisement -

    Kontribusi Sektor Pertanian di Kabupaten Lebak


    Perkembangan ekonomi suatu daerah dapat dilihat dari pertumbuhan ekonominya, dimana pertumbuhan ekonomi menunjukan peningkatan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Produk Domestik Regional Bruto merupakan gambaran nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha pada suatu wilayah dalam satu periode tertentu.

    Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lebak berdasarkan Badan Pusat Statistika pada tahun 2019 sebesar 5,77 persen, menurun dari tahun sebelumnya yang mencapai sebesar 5,80 persen. Kontribusi terbesar penyumbang PDRB di Kabupaten Lebak masih didominasi oleh sektor pertanian yaitu sebesar 26,34 persen pada tahun 2019.

    Namun saat ini pertumbuhan pada sektor pertanian di Kabupaten Lebak terus menurun sejak dari tahun 2016. Pada tahun 2016 pertumbuhan sektor pertanian sebesar 6,06 persen, tetapi pada tahun 2019 hanya sebesar 2,75 persen.

    Penyusutan Luas Lahan Pertanian


    Setidaknya ada beberapa proyek pembangunan nasional di Kabupaten Lebak yaitu diantaranya pembangunan jalan tol Serang–Panimbang yang melintasi lima Kecamatan di Kabupaten Lebak, pembangunan Waduk Karian, pembangunan jalur rel ganda commuterline dan pembangunan pabrik semen di Lebak bagian selatan.

    Adanya proyek nasional di Kabupaten Lebak mengakibatkan berkurangnya lahan pertanian di Kabupaten Lebak, terutama pada lahan pertanian sawah, pasalnya dilansir dari bantenhits.com, “menurut kepala dinas pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak” dari semula luas lahan pertanian seluas 47.350 hektar kemudian berkurang menjadi 40.350 hektar. Hal inilah yang mengakibatkan pertumbuhan sektor pertanian di Kabupaten Lebak terus menurun selama 4 tahun terakhir.

    Tingkat Pengangguran

    Berdasarkan data Badan Pusat Statistika Kabupaten Lebak tingkat pengangguran di Kabupaten Lebak pada tahun 2019 sebesar 8,05 persen, angka ini meningkat dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 7,70 persen, sehingga jumlah pengangguran di Kabupaten Lebak pada tahun 2019 mencapai sebanyak 587.739 jiwa. Berdasarkan tingkat pendidikan jumlah pengangguran terbanyak yaitu didominasi oleh lulusan tingkat SD/sederajat dan lulusan SLTA/Sederajat yaitu masing masing sebanyak 19.216 jiwa dan 17.830 jiwa.

    Peran Pemerintah

    Melihat dari jumlah pengangguran yang di dominasi oleh pendidikan tingkat SD/sederajat dan SLTA/sederajat maka dalam menciptakan lapangan pekerjaan di Kabupaten Lebak, sektor pertanian menjadi yang sangat potensial dalam penyerapan tenaga kerja, karena sektor pertanian merupakan pekerjaan sektor informal yang tidak membutuhkan syarat klasifikasi pendidikan namun lebih mengutamakan pada keterampilan.


    Pembangunan proyek nasional yang akan rampung dalam beberapa tahun kedepan akan merubah struktur ekonomi Kabupaten lebak yang akan menggenjot permintaan kebutuhan pokok di Kabupaten Lebak, hal ini terutama terhadap kebutuhan pokok yaitu makanan pokok pada hasil pertanian.


    Maka untuk memenuhi kebutuhan tersebut, peningkatan hasil pertanian di Kabupaten Lebak harus lebih ditingkatkan yaitu melalui penambahan luas lahan pertanian, tidak saja pada perluasan lahan sawah, tetapi perluasan lahan pada pertanian hortikultura seperti lahan pertanian untuk sayuran dan ubi-ubian. Selain itu, peningkatan luas lahan pertanian di Kabupaten Lebak harus di ikuti dengan pelatihan yang diberikan kepada para pelaku petani agar dapat menggunakan alat-alat pertanian modern sehingga pertanian di Kabupaten Lebak lebih efisien dan membuat hasil pertanian lebih maksimal.

    Referensi:
    https://bantenhits.com/2019/09/20/tahun-ini-500-hektare-area-pesawahan-di-lebak-beralih-fungsi/
    https://banten.antaranews.com/berita/29391/pemkab-lebak-kawal-proyek-pembangunan-nasional

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here