More

    UI Luncurkan S3 Kajian Stratejik dan Global, Satu-satunya di Indonesia

    Athor Subroto, SE.,MM., M.Sc.,Ph.D (Direktur SKSG UI)

    DEPOK, KabarKampus – Universitas Indonesia (UI) membuka Program Studi Kajian Stratejik dan Global untuk Program Doktor (S3). Program Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG UI) ini merupakan program doktor pertama dan satu-satunya dalam bidang Kajian Stratejik dan Global di Indonesia. 

    Peluncurkan S3 SKSG UI berlangsung secara daring pada Kamis, (10/09/2020). Peluncuran S3 SKSG UI dihadiri oleh Prof. Bambang P.S Brodjonegoro, S.E., M.U.P., Ph.D., Menteri Riset dan Teknologi RI/Kepala BRIN dan diresmikan oleh dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D Sekretaris UI mewakili Rektor UI.

    Dalam sambutannya, dr. Agustin mengatakan, pembukaan program doktoral ini ditujukan untuk menghasilkan tenaga ahli di Indonesia yang memiliki keahlian dan kemampuan dalam bidang kajian stratejik dan global. Kajian Global, setidaknya sejak paruh akhir abad ke-20, menunjukkan kecenderungan pesat di berbagai universitas kelas dunia.

    - Advertisement -

    Bidang ini, lanjutnya tampak rajin mengangkat serta mengkaji secara mendalam dan intensif masalah-masalah besar di dunia. Terutama dalam bidang politik global, gender, agama, ekonomi, bisnis, kejahatan transnasional, lingkungan, diplomasi, dan kebudayaan global. Bahkan tak jarang terjadi titik singgung yang sulit dihindari.

    “Maka permasalahan tersebutlah yang ditekuni dalam Kajian Stratejik dan Kajian Global,” terangnya.

    Senada dengannya, Athor Subroto, SE.,MM., M.Sc.,Ph.D (Direktur SKSG UI) menjelaskan, hadinya program doktoral di SKSG UI merupakan bentuk komitmen UI dalam mengembangkan keilmuan dan riset pada bidang kajian stratejik dan global. Di berbagai negara, kajian stratejik terpusat pada isu peace and conflict studies, national security studies, leadership and governance.

    “Studi-studi tersebut mempunyai keterhubungan dengan politik internasional, geostrategi, diplomasi, ekonomi, dan kekuatan militer. Bahkan, ruang lingkup studi ini juga mencakup studi tentang peran intelijen, peran kepolisian, tata kelola pemerintahan, dan kerjasama internasional dalam kerangka kepentingan keamanan dan ketahanan nasional,” ungkapnya.

    Program Doktor ini merupakan program lanjutan dari Program Studi Magister (S2) yang telah diselenggarakan oleh SKSG UI. Program Studi Magister SKSG UI terdiri atas: Program Studi Kajian Ketahanan Nasional, Kajian Wilayah Amerika,  Kajian Gender, Kajian Wilayah Jepang, Kajian Ilmu Kepolisian, Kajian Pengembangan Perkotaan, Kajian Wilayah Timur Tengah dan Islam, Kajian Wilayah Eropa, dan Kajian Terorisme.

    Pembukaan Program Studi Doktor SKSG UI didasarkan atas Surat Keputusan Rektor UI Nomor 616/SK/R/UI/2020 tentang Izin Pembukaan Program Studi Kajian Stratejik dan Global pada Program Doktor SKSG UI. Pendaftaran mahasiswa Program Doktor KSG telah dibuka untuk mahasiswa baru di semester gasal tahun akademik 2020/2021.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here